DASAR FOTOGRAFI – Jenis-Jenis Lensa Kamera DSLR #3

DASAR FOTOGRAFI – Jenis-Jenis Lensa Kamera DSLR #3

  Fotografi   Ahmad Syarifudin Mahzumi   25 Jul 2021

Jenis-jenis lensa kamera DSLR. Apa saja jenis-jenis lensa kamera DSLR, Apakah kalian sudah bisa menjawabnya? Pada artikel ini penulis akan membagikan informasi terkait jenis-jenis lensa kamera DSLR. Menurut Wikipedia, dalam fotografi Lensa merupakan alat vital dari kamera yang berfungsi memfokuskan cahaya hingga mampu membakar medium penangkap (atau lebih umum dikenal dengan nama film). Pada artikel ini, penulis ingin sharing jenis-jenis lensa kamera. Jenis-jenis lensa bisa dikategorikan menjadi beberapa kategori, diantaranya :

  1. Jenis-jenis lensa berdasarkan fungsinya
  2. Jenis-jenis lensa berdasarkan focal length
  3. Jenis-jenis lensa berdasarkan kebutuhan khusus

Mari kita bahasa satu persatu dari masing-masing kategori lensa diatas :

Jenis-jenis Lensa Berdasarkan Fungsional

Jenis-jenis lensa berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua, diantaranya :

  • Lensa Prime / Lensa Fix

Lensa fixed atau prime adalah jenis lensa kamera yang memiliki satu focal length saja. Artinya lensa tersebut tidak memiliki kemampuan untuk zooming. Maka dari itu, penggunaan lensa ini anda harus maju mundur. Tetapi kelebihan dari lensa fix / prime adalah memiliki diafragma yang cukup besar. Sehingga bisa menghasilkan foto yang bokeh abis pokoknya. Dan selain itu berguna untuk mengambil objek yang minim cahaya. Karena semakin besar bukaan/aperture, maka semakin besar cahaya yang masuk.   

  • Lensa Zoom

Lensa Zoom adalah lensa yang memiliki rentang focal length yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan kita. Lensa Zoom bisa dibilang lensa yang praktis karena focal length-nya bisa diatur sesuai keinginan kita. Kita tidak perlu membawa banyak lensa fix dengan berbagai focal length. Namun kekurangannya adalah, lensa zoom biasanya tidak memiliki diafragma yang selebar lensa fix.

Jenis-jenis Lensa Berdasarkan Focal Length

  • Lensa Standar / Kit

Lensa Kit adalah lensa standar saat membeli kamera. Lensa Kit biasanya memiliki variable aperture. Bukaan diafragma akan berubah sesuai dengan seberapa jauh zoom yang digunakan.

  • Lensa Tele

Lensa Tele ini merupakan bagian daripada lensa Zoom. Karena Lensa Tele memiliki rentang focal length yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Kenapa disebut lensa tele ? masih ingat definisi kata tele itu apa ? Tele itu berarti jauh. Jadi Lensa tele digunakan untuk membidik objek jarak jauh. Lensa Tele adalah lensa yang memiliki focal length lebih dari 50mm. Jadi jika kalian ingin mengambil foto gebetan dari jauh, maka gunakan lensa Tele. Banyak jenis lensa tele di pasaran. Tentunya kualitas tergantung pada harga. Contoh focal length lensa tele adalah 70mm - 300mm.

  • Lensa Wide

Lensa Wide adalah lensa yang memiliki focal length kruang dari 50mm. Lensa Wide memiliki sudut pandang yang luas, Maka dari itu Lensa jenis wide biasanya digunakan untuk mengambil foto landscape.

Jenis-jenis Lensa Berdasarkan Kebutuhan Khusus

  • Lensa Makro

Lensa Makro merupakan lensa yang digunakan untuk memotret objek yang berukuran kecil. Lensa jenis makro memiliki kemampuan untuk menghasilkan foto secara detail close up serta fokus terhadap objek berukuran kecil. Objek-objek yang biasanya menjadi favorit untuk lensa ini adalah lalat, embun pagi, semut, dan objek kecil lainnya.

  • Lensa Fish Eye (mata ikan)

Lensa Fish Eye adalah lensa yang dapat menghasilkan foto yang cembung ditengah. Lensa ini sebenarnya termasuk lensa ultra wide. Karena memiliki sudut pandang yang sangat luas/lebar. Dengan menggunakan lensa fidh eye, dapat menghasilkan efek foto yang unik. Ada dua jenis efek fisheye yang dapat diperoleh dengan menggunakan lensa fisheye: circular fisheye (fisheye lingkaran) dan diagonal fisheye.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

DASAR FOTOGRAFI – DIAL MODE PADA KAMERA #2
DASAR FOTOGRAFI – DIAL MODE PADA KAMERA #2

Mode Dial atau Camera Dial adalah tombol untuk mengubah mode pada kamera dan melakukan pengaturan bagaimana kamera beroperasi (wikipedia). pada...

Selengkapnya
DASAR FOTOGRAFI – SEGITIGA EXPOSURE #1
DASAR FOTOGRAFI – SEGITIGA EXPOSURE #1

Pada SEGITIGA EXPOSURE ada 3 elemen yang harus dipahami, yaitu Diafragma (aperture), Shutter Speed dan ISO. Ketiga elemen tersebut...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285778118560
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
How can I help you?