Mengenal Istilah Buff, Nerf, dan Adjust Pada Game

Mengenal Istilah Buff, Nerf, dan Adjust Pada Game

  Games     31 Jul 2017

Di dalam sebuah game banyak sekali istilah yang mungkin para gamer masih sedikit awam mendengarnya. Istilah itu salah satunya adalah nerf, buff dan adjust. Ini merupakan istilah Bahasa Inggris yang diserap menjadi bahasa keseharian para gamer. Bagi kalian yang suka bermain game-game bergenre RPG/MMORPG pasti sudah tidak asing lagi dengan kata-kata Buff, Nerf, dan Adjust.

Ketiga istilah tersebut akan sangat berpengaruh pada kelangsungan game tersebut, Biasanya Buff, Nerf, dan Adjust dilakukan oleh para pengelola game untuk menyeimbangkan keadaan di dalam game tersebut agar tidak ada overpower, contohnya seperti karakter yang memiliki kekuatan berlebihan.

 

Berikut adalah pengertian dari istilah Buff, Nerf, dan Adjust.

1. BUFF

Buff adalah perubahan yang dilakukan pada sebuah game terhadap beberapa objek untuk menambah/meningkatkan kekuatan atau power karakter, musuh atau senjata untuk menstabilkan permainan.

Contohnya adalah karakter Lu Bu pada game Mobile Arena. Pada saat menggunakan Skill terakhir, Karakter Lu Bu akan mendapatkan peningkatan Physical Attack, Lifesteal, dan Resistance.

 

2.NERF

Nerf adalah perubahan yang dilakukan pada sebuah game terhadap beberapa objek untuk mengurangi kekuatan yang dirasa terlalu over power untuk menstabilkan permainan di dalam game.

Contohnya adalah karakter Mephisto pada game Lost Saga. Karakter ini memang sudah banyak diprotes oleh pada pemain lost saga, itu karena attack dan semua skill pada karakter ini terlalu over power. Tidak sedikit pemain lost saga yang jika bermain pada room yang sama dan bertemu dengan karakter ini akan langsung keluar dari room tersebut.

Karakter Mephisto ini mendapatkan NERF, yaitu penurunan kecepatan serangan jump, dan penurunan kecepatan serangan special attack.

3. ADJUST

Adjust ini digunakan untuk keadaan dimana objek mendapatkan sesuatu yang positif dan juga negatif untuk menyeimbangkan performa dari objek tersebut.

Contohnya adalah karakter champion LeBlanc pada game League of Legends. Mendapat sesuatu yang positif dan juga negatif dari salah satu ability miliknya. Hal Adjust yang didapatkan LeBlanc yaitu damage ability pasif miliknya dikurangi di awal lalu ditambahkan di akhir ke 30-300 damage padahal sebelumnya 40-295 damage.

Dan itulah pengertian dari istilah Buff , Nerf dan Adjust. Ketiga istilah tersebut bisa terjadi pada karakter heroitem dan bahkan monster. Semua itu dilakukan untuk membuat permainan game lebih seimbang dan menjamin keseruan nya. Hal ini biasa terjadi pada setiap game.  Karena seperti kita tahu dalam sebuah game, terutama pada game yang bergenre RPG terdapat banyak sekali macam-macam senjata, karakter dengan kekuatan yang berbeda-beda.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Mengenal 7 Jenis Genre Pada Game Beserta sub-Genre Nya
Mengenal 7 Jenis Genre Pada Game Beserta sub-Genre Nya

Video Game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp