Mengenal 7 Jenis Genre Pada Game Beserta sub-Genre Nya

Mengenal 7 Jenis Genre Pada Game Beserta sub-Genre Nya

  Games     02 Agust 2017

Video Game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.

Sebuah video game, seperti bentuk media lainnya, dapat dikelompokkan ke dalam beberapa genre berdasarkan banyak pertimbangan, seperti cara bermain, tujuan, dan seni di dalamnya. Karena genre bergantung pada isi, genre banyak berubah dan bertambah. Genre dapat merupakan gabungan genre lainnya. Genre juga dapat merupakan bawaan, permainan, seperti musik dan horor.

Berikut dibawah ini adalah jenis-jenis genre pada game beserta sub genre nya:

1.ACTION

Game dengan genre ini biasanya membutuhkan reflek cepat, ketepatan, serta timing para pemain untuk melalui hadangan musuh. Genre action sendiri menjadi basis dari setiap game yang ada. Beberapa sub genre dari genre action adalah Beat’em Up/Hack and Slash, Fighting Game, serta beberapa jenis game Platform seperti Castlevania, Sonic, atau sang legenda Super Mario Bros.

 

2.ADVENTURE

Genre ini termasuk genre game yang paling pertama dibuat. Seperti namanya, game ini biasanya hanya murni petualangan tanpa adanya tantangan reflex terhadap musuh atau aksi-aksi lain. Biasanya, pemain hanya butuh memecahkan teka-teki yang menjadi penghalang dalam game ini. Visual novel adalah salah satu sub-genre adventure yang sedang populer akhir-akhir ini.

 

3.ACTION-ADVENTURE

Action-adventure merupakan gabungan antara dua genre yang berbeda, action dan adventure. Game ini berfokus pada penjelajahan dan biasanya melibatkan berbagai macam benda yang harus dikumpulkan untuk memecahkan masalah di depan. Sub genre game ini antara lain Stealth Game, contohnya Tom Clancy’s Cplinter Cell, dan Survival Horror seperti pada Silent Hill.

 

4.RPG

RPG (Role-Playing Game) memungkinkan para players untuk memerankan suatu peran atau karakter dalam setting dunia fiksi alam game. Tiap pemain kemudian harus memerankan karakter sesuai dengan perannya untuk bisa mengembangkan permainan. Game RPG juga membuat tiap player bisa memilih custom characters sesuai dengan yang mereka inginkan. Dalam game RPG, biasanya juga tersedia fitur single player ataupun multiplayer.

Terdapat jalan cerita yang ada di tiap game RPG. Para pemain pun harus mengikuti instruksi sesuai peran masing-masing untuk melanjutkan storyline dalam game. Selain player character, juga terdapat non-playing character yaitu karakter dalam game yang tidak bisa dimainkan.

RPG memiliki sub genre yaitu:

  • Action RPG
  • MMORPG
  • Tactical RPG
  • Cultural RPG (JRPG dan WRPG)

 

5.SIMULATION

Dibutuhkan kreativitas yang tinggi serta kecerdasan berpikir ketika bermain game dengan genre ini. Pasalnya, game ini biasanya didesain untuk mensimulasikan suatu hal. Genre ini memiliki sub-genre antara lain simulasi konstruksi, simulasi kehidupan, dan beberapa simulasi lain yang menyerupai keadaan aslinya.

 

6.STRATEGY

Game dengan genre ini biasanya berfokus dengan gameplay yang membutuhkan kehati-hatian serta cara berpikir dan membuat rencana untuk mencapai kemenangan. Umumnya, kesuksesan pemain dapat diukur dari penguasaan dunia yang dia capai.

 

7.SPORTS

Game yang memiliki genre sports biasanya memiliki tema olahraga tertentu. Biasanya, pemain memainkan satu tim penuh melawan tim lain yang digerakkan oleh pemain lain atau kecerdasan buatan dalam game ini.

 

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Mengenal Istilah Buff, Nerf, dan Adjust Pada Game
Mengenal Istilah Buff, Nerf, dan Adjust Pada Game

Di dalam sebuah game banyak sekali istilah yang mungkin para gamer masih sedikit awam mendengarnya. Istilah itu salah satunya adalah...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp