5 Strategi Jitu untuk Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel

5 Strategi Jitu untuk Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel

  hotelier   Ahmad Syarifudin Mahzumi   29 Jan 2024

Pada zaman sekarang ini hotel yang mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi akan lebih unggul dibanding hotel yang tidak mengikuti kemajuan zaman. Karena saat ini segmentasi tamu sebagian besar datang melalui channel online. Banyak strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan kamar hotel. Namun pada artikel ini menjelaskan 5 Strategi Jitu untuk Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel.

Menggunakan Online Travel Agent yang Tepat

Strategi pertama yang harus dicermati adalah menggunakan Online Travel Agent yang tepat dan sesuai dengan target pasar anda. Online Travel Agent atau OTA merupakan segmentasi yang tidak diragukan lagi pengaruhnya terhadap penjualan hotel. Saat ini sebagian besar hotel sudah bekerjasama dengan OTA. Tetapi bagi anda manajer hotel atau orang yang baru terjun dalam perhotelan, perlu lebih cermat untuk memaksimalkan OTA. Anda harus memilih OTA yang jangkauannya luas dan lebih populer di kalangan wisatawan, agar kerjasamanya lebih maksimal. Kemudian anda perlu memastikan kebijakan OTA tersebut sesuai dengan kebijakan hotel anda. Jangan sampai kamar hotel anda full occupancy, tapi tidak pendapatannya tidak maksimal.  Jadi saat bergabung dengan OTA, perlu di perhatikan kontrak kerjasamanya. Saat ini, setidaknya ada 4 OTA besar yang biasanya digunakan oleh hotel-hotel di Indonesia, diantaranya : Traveloka, Agoda, Tiket.com dan Booking.com.

Mengoptimalkan Website Hotel dan Booking Engine

Strategi yang kedua adalah Mengoptimalkan website hotel dan booking engine. Ini salah satu strategi untuk lebih memaksimalkan pendapatan hotel dan meminimalisir biaya komisi. Maksudnya bagaimana ? Perlu anda ketahui, semakin banyak tamu yang booking melalui OTA, maka akan semakin besar biaya yang harus di keluarkan. Apalagi saat ini biaya komisi OTA bisa mencapai  15% sampai dengan 22% pertransaksi atau perbooking.

Jika anda dapat memaksimalkan website hotel dan booking engine yang anda buat sendiri, maka biaya komisi itu dapat terminimalisir. Anda dapat mengarahkan tamu-tamu anda untuk booking melalui website anda dengan penawaran diskon khusus. Dan sebelumnya anda perlu hitung dulu ya nilainya, agar harga jual tidak lebih rendah dari HPP. Namun untuk memaksimalkan website hotel sendiri, ada beberapa poin yang harus diperhatikan agar tamu dimudahkan, diantaranya :

  1. Website Hotel dapat diakses dengan mudah dan cepat
  2. Website Hotel menampilkan informasi yang lengkap dan menarik
  3. Website hotel mobile responsive
  4. Booking engine sudah terintegrasi dengan payment gateway, agar tamu bisa dengan mudah bayar.

Memberikan Penawaran dan Diskon Khusus

Strategi berikutnya adalah memberikan penawaran dan diskon khusus pada tamu. Hal ini berkaitan dengan poin pertama dan kedua, dimana anda sesekali dapat mengikuti program diskon khusus pada OTA. Dan anda juga dapat memaksimalkan website hotel dan booking engine yang anda punya. HOTELMU adalah salah satu penyedia aplikasi perhotelan dan juga website hotel & booking engine. Pada website tersebut anda dapat mengatur vousher diskon yang dapat anda bagikan melalui whatsapp, email ataupun sosial media. Strategi ini dapat menjadi daya tarik tambahan bagi calon tamu untuk memilih hotel anda daripada pesaing.

Memberikan Pelatihan Kepada Staf Hotel

Strategi ke-empat adalah memberikan pelatihan kepada staf hotel. Hal ini harus dilakukan agar staf anda mampu menjalankan semua strategi anda dengan baik dan benar. Jadi SDM adalah satu poin penting. Anda dapat memberikan pelatihan hospitality dan juga teknologi agar staf hotel memahami bagaimana memberikan pelayanan yang sebenarnya di perhotelan kepada tamu, untuk memberikan pengalaman terbaik kepada tamu.

Menganalisis dan Memantau Kinerja

Strategi terakhir yaitu menganalisis dan memantau kinerja dari semua strategi yang sudah dikerjakan. Apakah semua strategi mampu dilakukan dengan baik oleh semua staf anda ? jika sudah, apakah berdampak positif untuk meningkatkan penjualan kamar ? jika belum maksimal, anda dapat melakukan evaluasi secara terus menerus untuk memperbaiki kekurangan operasional. 

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order
Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order

Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order - Di perhotelan, terdapat banyak istilah-istilah mengenai status kamar. Dan status...

Selengkapnya
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)

Segmentasi pasar tamu hotel (Market Segment) adalah proses pengelompokan tamu hotel menjadi beberapa kategori berdasarkan sumber datangnya tamu ke hotel...

Selengkapnya
9 Istilah Penting dalam OTA yang Harus dipahami Orang Hotel
9 Istilah Penting dalam OTA yang Harus dipahami Orang Hotel

Tidak sedikit para pelaku usaha hotel yang baru terjun dalam perhotelan, belum mengetahui istilah-istilah umum yang ada dalam OTA (Online...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp