Tips Sukses Sidang Skripsi untuk Semua Jurusan Tanpa Keraguan

Tips Sukses Sidang Skripsi untuk Semua Jurusan Tanpa Keraguan

  Edukasi   Ahmad Syarifudin Mahzumi   08 Jul 2023

Tips Sukses Sidang Skripsi untuk Semua Jurusan Tanpa Keraguan. Sidang Skripsi adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seorang mahasiswa/i tingkat akhir, sekaligus momen yang juga menguji mental. Menurut saya, sidang skripsi memang tidak mudah, tapi bukan juga satu hal yang harus ditakuti secara berlebihan. Maka dari itu, pada artikel ini saya akan memberikan tips sukses sidang skripsi untuk semua jurusan secara umum menurut pandangan, pengamatan dan pengalaman pribadi.

Adapun tips sukses sidang skripsi menurut saya pribadi adalah sebagai berikut :

1. Menguasai Materi sesuai Judul Skripsi yang dibuat

Tips pertama adalah menguasai materi skripsi. Kamu wajib menguasai secara detail mengenai skripsi/penelitian yang telah kami buat. Kamu harus mengetahui tujuan penelitian tersebut dibuat. Masalah apa yang melatar belakangi kamu untuk melakukan penelitian tersebut ? Jika kamu memang yang membuat penelitian itu, saya yakin kamu menguasai materinya. Apa latar belakang dari penelitian ini ? Apa tujuan dari penelitian ini ? metode apa yang kamu gunakan untuk melaksanakan proses penelitian ini ?

2. Mengelola Emosi untuk Tetap Tenang

Tips kedua adalah mengelola emosi untuk tetap tenang. Salah satu hal yang bisa membuat kamu lebih tenang adalah poin pertama, yaitu menguasai materi. Sidang skripsi memang sangat menguji mental. Kamu tidak perlu takut, karena penelitian itu adalah hasil penelitianmu. Kamu yang lebih mengetahui latar belakang masalahnya sekaligus solusinya. Tapi, jika ada masukan dari penguji, tentu kita terima. 

Ketenangan adalah faktor penting dalam setiap hal. Tidak hanya dalam situasi sidang skripsi, bahkan dalam permasalahan hidup ketenangan sangat penting. Tidak perlu menganggap sidang skripsi adalah masalah, tapi anggaplah sidang skripsi ini adalah satu upaya untuk mengembangkan peneltiian yang kamu buat dan untuk mengingatkan materi-materi yang sudah lupa. Adapun perihal hasil, itu adalah hasil. Tidak ada proses yang menghianati hasil. Kamu hanya perlu berikhtiar semampumu. Ikhtiarnya adalah membuat laporan skripsi yang sebaik mungkin dan berdoa. Skripsi sebaik mungkin disini bukan bermaksud harus sempurna, tapi buatlah skripsi semaksimal mungkin dengan usahamu.

Kembali pada faktor ketenangan. Bagaimana kamu bisa menjawab pertanyaan penguji jika kamu tidak dalam keadaan tenang. Karena untuk memecahkan solusi itu memerlukan ketenangan. Dan perhatikanlah faktor-faktor lain yang dapat membuatmu tenang, diantaranya berdzikir seperti istighfar dan shalawat. Kemudian, tidurlah yang cukup dan berolahraga.

3. Membuat file PPT (Power Point) yang Formal dan Rapih

Tips ketiga ini tidak kalah penting. Biasanya mahasiswa lebih senang membuat powerpoint dengan berbagai animasi. Pada sidang skripsi, maka buatlah dengan rapih dan formal tanpa animasi. Buatlah file ppt yang mudah dibaca oleh audience atau penguji, sehingga penguji tidak perlu bekerja keras untuk dapat membacanya.

4. Simulasi Sidang Skripsi

Dan yang terakhir adalah simulasi sidang. Simulasi sidang ini perlu dilakukan, agar kamu bisa lebih siap. Dengan melakukan simulasi, kamu bisa berlatih presentasi sesuai durasi waktu yang telah dberikan. Kamu juga bisa mempersiapkan bagaimana cara kamu menjawab pertanyaan dari penguji. Kamu perlu mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan diajukan oleh penguji, tentunya yang berkaitan dengan judul skripsi.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada temen-temen mahasiswa/i. Bayangkan saja kamu dapat menjawab dan menyelesaikan sidang skripsi dengan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Manfaat Aplikasi CRM Bagi Perusahaan Anda
Manfaat Aplikasi CRM Bagi Perusahaan Anda

Setiap perusahaan tentunya menginginkan untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya, demi menjaga para pelanggan agar tetap loyal. Untuk itu,...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp