7 Rekomendasi Software Hotel Terbaik di Indonesia

7 Rekomendasi Software Hotel Terbaik di Indonesia

  hotelier   Ahmad Syarifudin Mahzumi   14 Jul 2023

Saat ini di Indonesia, dunia hospitality sudah semakin berkembang. Begitupun persaingan antar hotel semakin ketat. Pada sektor marketing, hotel ataupun jenis penginapan lainnya sudah sangat terbantu dengan adanya OTA (Online Travel Agant) ataupun VHO (Virtual Hotel Operator). Namun, akan menjadi tidak seimbang jika sektor operasionalnya masih manual (tanpa bantuan aplikasi). 

Perbedaan OTA dengan VHO

Untuk membantu operasional hotel, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah atau sebutan software hotel yaitu HMS (Hotel Management System) ataupun PMS (Property Management System). PMS atau HMS dapat membantu operasional mulai dari transaksi kamar di Front Office, Restoran Hotel, sampai dengan laporan keuangan (BAck Office). Pada artikel kali ini, kami akan membagikan 7 rekomendasi software hotel terbaik di Indonesia, diantaranya :


1. APLIKASI HOTELMU

HOTELMU adalah salah satu software hotel berbasis web ternama yang ada di Indonesia. Aplikasi HOTELMU ini terpercaya, karena sudah banyak digunakan oleh hotel-hotel, villa, hostel sampai dengan guest house di Indonesia. Jika bicara tentang fitur, HOTELMU memiliki fitur yang cukup lengkap mulai dari sistem untuk Front Office, House Keeping, Restoran, Back Office, Store Room (pencatatan stok), Sales Insight, Revenue Management, dan ORM (Online Reputation Management).

HOTELMU adalah rekomendasi pertama, karena selain menyediakan PMS (Property Management System), HOTELMU juga menyediakan layanan Channel Manager dan Website & Booking Engine Hotel. Banyak yang bilang, Software HotelMU ini memiliki tampilan yang user friendly, sehingga mudah untuk digunakan. Dan bahkan orang yang tidak terlalu familiar dengan aplikasi perhotelan, bisa lebih mudah memahami cara penggunaannya, ditambah lagi dibantu dengan support nya yang fast respond. Harganya juga relatif murah untuk sekelas PMS jika dibandingkan dengan software hotel lainnya. Aplikasi HOTELMU sangat cocok untuk hotel bintang 3 kebawah, terutama hotel-hotel budget karena harganya yang bersahabat dengan fiturnya yang juga cukup lengkap. Anda juga bisa mendapatkan free trial selama 14 hari untuk mencoba fitur-fitur yang disediakan oleh HOTELMU. Anda bisa mengunjungi website HOTELMU.ID untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

2. APLIKASI VHP

Aplikasi selanjutnya adalah VHP. VHP adalah Software hotel yang sudah berpengalaman di Indonesia. Aplikasi VHP memiliki fitur yang sangat lengkap dan detail, mulai dari Front Office sampai dengan laporan keuangan. VHP lebih banyak digunakan oleh hotel grup / chain. Dengan fiturnya yang lengkap dan detail, maka harganya relatif mahal dan membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami cara penggunaan-nya. Namun VHP ini sangat terpercaya, karena sangat berpengalaman dalam hospitality. Aplikasi VHP cocok untuk hotel bintang 3 keatas.

3. APLIKASI GUESTPRO

Rekomendasi ke-3 adalah Aplikasi Guest Pro. Guest Pro merupakan aplikasi / software hotel yang cukup lengkap, mulai dari Front Office, POS, Logistik dan Laporan Keuangan. Guest Pro juga sudah terintegrasi dengan channel manager dan Booking Engine. Aplikasi Guestpro cocok untuk hotel skala kecil.

4. APLIKASI XPERT

Selanjutnya adalah Aplikasi Xpert. Aplikasi Xpert merupakan aplikasi hotel berbasis desktop, dengan fitur yang cukup lengkap, diantaranya Fronf Office, POS Resto, Material Management, Back Office, Payroll dan Fixed Asset. Namun kelemahan pada aplikasi berbasis dekstop adalah tampilannya kurang user friendly, sehingga sulit untuk dipahami.

5. APLIKASI CAKRASOFT

Rekomendasi ke 4 adalah Aplikasi Cakrasoft, merupakan aplikasi hotel berbasis dekstop dengan kelengkapan fitur Front Office, POS, Banquet System, Asset management hingga akunting. Fitur dari Cakrasoft juga cukup lengkap, kemudahan terintegrasi dengan channel manager. 

6. APLIKASI REALTA / RHAPSODY

Dan rekomendasi selanjutnya yaitu aplikasi realta atau mungkin anda mengenalnya dengan nama Rhapsody. Aplikasi Rhapsody memiliki fitur yang berstandar PMS sama seperti aplikasi-aplikasi lainnya. Namun Rhapsody ini tidak hanya digunakan di Indonesia, tapi hinggal ke negara-negara luar seperti Jepang, Malaysia, Myanmar hingga Thailand. Aplikasi Realta/Rhapsody cocok untuk hotel bintang 4 keatas.

7. APLIKASI POWER PRO

Aplikasi terakhir adalah Powerpro. Jika anda orang perhotelan, pastinya sudah tidak asing lagi dengan Powerpro. Powerpro adalah PMS yang memiliki fitur sangat lengkap. Powerpro cocok untuk hotel bintang 4 dan 5. Karena Powerpro cukup mahal jika digunakan untuk hotel bintang 3 kebawah, sedangkan kelengkapan fiturnya tidak bisa dimaksimalkan.

KESIMPULAN

7 Software Hotel atau Aplikasi Hotel yang sudah kami jelaskan di atas, memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Anda sebagai manajer hotel ataupun pemilik hotel tentunya bisa memilah, aplikasi mana yang cocok untuk hotel anda dan sesuai dengan kebutuhannya. Karena terkadang, terlalu lengkap akan menjadi mubajir jika tidak dibutuhkan. Kami merekomendasikan aplikasi HOTELMU.ID, karena HOTELMU adalah salah satu produk lokal Indonesia dengan fitur yang cukup lengkap sesuai kebutuhan manajemen hotel dan harganya juga bersahabat. Akan tetapi, anda lebih tahu kebutuhan untuk memaksimalkan bisnis hotel anda.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel
Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel

Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel - Occupancy, ARR, RevPAR dna House Count merupakan data statistik hotel...

Selengkapnya
Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order
Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order

Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order - Di perhotelan, terdapat banyak istilah-istilah mengenai status kamar. Dan status...

Selengkapnya
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)

Segmentasi pasar tamu hotel (Market Segment) adalah proses pengelompokan tamu hotel menjadi beberapa kategori berdasarkan sumber datangnya tamu ke hotel...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp