5 Rekomendasi Aplikasi Channel Manager Terbaik di Indonesia

5 Rekomendasi Aplikasi Channel Manager Terbaik di Indonesia

  hotelier   Ahmad Syarifudin Mahzumi   14 Jan 2024

Pada artikel ini, penulis akan membahas mengenai manfaat aplikasi channel manager dan juga rekomendasi aplikasi channel manager terbaik di Indonesia. Tentu bagi anda seorang yang bergelut di dunia perhotelan, sudah tidak asing lagi dengan aplikasi channel manager. Namun, mungkin saja anda sedang mencari rekomendasi aplikasi channel manager hotel yang ada di Indonesia.

Apa itu Aplikasi Channel Manager ?

Aplikasi Channel Manager merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengelola ketersediaan kamar di semua Online Travel Agent (OTA) dari satu dashboard. Jadi jika anda memiliki kamar hotel yang banyak dan anda memanfaatkan lebih dari 2 OTA untuk penjualan, anda bisa menggunakan Channel Manager.

Apa Saja Fitur-Fitur dari Channel Manager ?

Channel Manager OTA berfungsi untuk mengatur availability (ketersediaan) kamar hotel. Fitur-fitur yang umumnya ada dalam Channel Manager yaitu :

  • Mengatur Inventory (Allotment atau Alokasi Kamar)
    Fitur yang pertama adalah modul inventory. Modul ini berfungsi untuk mengatur jumlah ketersediaan kamar (Room Allotment) di semua OTA yang sudah terhubung ke Channel Manager. Misalnya hotel anda sudah kerjasama dengan 3 OTA, diantaranya Traveloka, Tiket.com dan Booking.com. Untuk mengatur allotment / jumlah ketersediaan kamar anda di 3 OTA tersebut, anda cukup atur melalui modul inventory di Channel Manager. Dalam form pengaturan inventory, anda cukup input start date, end date dan allotment (jumlah inventori). Misalnya anda mengisinya seperti dibawah ini :
    Start Date : 11 Januari 2024
    End Date : 31 Januari 2024
    Allotment : 2 kamar

    Maka secara otomatis Channel Manager akan mengirim (push) data ke 3 OTA tersebut secara bersamaan. Ketika nantinya masuk satu reservasi dai salah satu OTA, maka kedua OTA lainnya inventori/ketersediaan kamar otomatis berkurang.
  • Mengatur Harga (Rates)
    Modul berikutnya yaitu Pengaturan Harga (Rates). Pada modul Rates, anda dapat mengatur harga semua OTA pada periode tertentu sesuai ketentuan anda, baik itu harga weekday, harga weekend, dan juga memungkinkan untuk mengatur harga dengan model lebih dari satu rate plan.
  • Mengatur Stop Sell
    Dengan modul / fitur Stop Sell, anda dapat menutup penjualan di semua OTA yang sudah terdaftar dengan cepat dan efektif.
  • CTA (Close To Arrival)
    Fitur ini berfungsi untuk membatasi tamu agar tidak dapat check-in pada waktu yang telah anda tentukan.
  • CTD (Close to Departure)
    Close to Departure ini kebalikan dari CTA, artinya anda dapat membatasi tamu agar tidak dapat check-out pada waktu yang telah anda tentukan.

Rekomendasi Aplikasi Channel Manager Terbaik

Ada 5 aplikasi Channel Manager yang di rekomendasikan untuk mengelola OTA, diantaranya :

  1. HOTELMU.ID
    HOTELMU adalah salah satu penyedia aplikasi perhotelan lokal yang sudah cukup di kenal di Indonesia. Selain menyediakan Software PMS dan Layanan Website Booking Engine Hotel, HOTELMU juga menyediakan layanan Channel Manager dengan harga yang sangat terjangkau untuk mengelola ketersediaan kamar dan harga di banyak OTA. HOTELMU menyediakan aplikasi Channel Manager Hotel yang sudah terkoneksi dan terintegrasi dengan OTA Besar di Indonesia, seperti Traveloka, Booking.com, Agoda, Tiket.com, Airbnb, dan masih banyak lagi OTA lainnya. Kenapa HOTELMU menjadi rekomendasi pertama ? Karena HOTELMU juga menyediakan Software PMS (Property Management System) / HMS (Hotel Management System) yang lengkap untuk perhotelan dan Website dan Booking Engine Hotel dengan harga yang murah. 3 Aplikasi Tersebut sudah terintegrasi satu sama lain. Software PMS yang sudah terintegrasi dengan Channel manager dan Booking Engine nya. Jadi operasional hotel lebih efektif dan efisien. Anda juga bisa COBA GRATIS semua fitur di HOTELMU selama 14 hari.
  2. Channelmanager.co.id
    Rekomendasi Channel Manager berikutnya adalah Channelmanager.co.id. Akan tetapi Channelmanager.co.id jika dilihat dari website-nya tidak menyediakan PMS, melainkan hanya menyediakan untuk Front Office System nya aja.
    Apa Itu PMS ?
  3. eZee Centrix
    Ketiga ada Channel Manager eZee Centrix. Yaitu Channel Manager yang berasal dari India.
  4. Bookandlink
    Bookandlink adalah salah satu penyedia Channel Manager yang juga beroperasi di Indonesia.
  5. Siteminder
    Siteminder adalah Aplikasi Channel Manager yang cukup terkenal.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi channel manager hotel yang bisa anda pilih. Dan sebenarnya masih banyak lagi channel manager lainnya yang mungkin belum di tulis dalam artikel ini. Anda sebagai pemilik hotel yang bisa memilih dan memutuskan sesuai dengan kebutuhan dan budget hotel anda. Intinya semua aplikasi Channel Manager fungsinya sama, namun biasanya yang berbeda adalah kelengkapan fitur, performa / kecepatannya dalam mengirimkan data inventori dan harga ke semua OTA, Kecepatan dalam menarik data reservasi dari OTA dan juga integrasi dengan fitur pendukung di operasional hotel, dan juga harga tentunya.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel
Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel

Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel - Occupancy, ARR, RevPAR dna House Count merupakan data statistik hotel...

Selengkapnya
Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order
Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order

Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order - Di perhotelan, terdapat banyak istilah-istilah mengenai status kamar. Dan status...

Selengkapnya
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)

Segmentasi pasar tamu hotel (Market Segment) adalah proses pengelompokan tamu hotel menjadi beberapa kategori berdasarkan sumber datangnya tamu ke hotel...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp