Perbedaan Checkin Walk-in dengan Checkin Booking di Hotel

Perbedaan Checkin Walk-in dengan Checkin Booking di Hotel

  hotelier   Ahmad Syarifudin Mahzumi   27 Des 2023

Daftar isi

  • Checkin Walk-In (Walk-in Guest)
  • Checkin Booking

Pada artikel ini, kami ingin membagikan tentang perbedaan checkin walk-in dengan checkin booking di hotel. Hal ini merupakan pengetahuan yang sangat dasar di operasional hotel.

Checkin Walk-In (Walk-in Guest)

Checkin Walk-in adalah tamu yang datang untuk menginap di hotel secara langsung tanpa adanya reservasi terlebih dahulu. Satu hal yang tidak di-inginkan walk-in guest adalah saat datang ke hotel tetapi kamar sudah full booked. Jika saat anda sebagai tamu datang ke hotel dan kamar masih tersedia, proses yang biasanya harus anda lewati adalah :

  1. Mengisi Form Registrasi (Registration Card)
  2. Membayar tagihan kamar. Ini tergantung kebijakan hotel, namun biasanya Front Office akan meminta anda untuk melunasi tagihan kamar saat checkin. Ada juga hotel yang mewajibkan tamunya untuk deposit kunci.
  3. Mengambil kunci kamar
  4. Menuju ke kamar untuk istirahat.

Checkin Booking

Kebalikannya dari checkin walk-in, Checkin Booking adalah tamu yang datang untuk menginap di hotel setelah reservasi terlebih dahulu, baik itu reservasi melalui OTA, Website, Travel, ataupun lainnya. Jika anda sudah melakukan reservasi sebelumnya, maka saat checkin anda akan melewati beberapa proses dibawah ini :

  1. Memperlihatkan voucher reservasi anda
  2. Mengisi form Registrasi (Registration Card)
  3. Apabila saat reservasi anda sudah bayar, anda bisa langsung mengambil kunci kamar dan siap beristirahat. Jika belum bayar, maka biasanya tamu akan dimintai untuk melunasi tagihan kamar diawal saat checkin.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order
Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order

Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order - Di perhotelan, terdapat banyak istilah-istilah mengenai status kamar. Dan status...

Selengkapnya
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)

Segmentasi pasar tamu hotel (Market Segment) adalah proses pengelompokan tamu hotel menjadi beberapa kategori berdasarkan sumber datangnya tamu ke hotel...

Selengkapnya
9 Istilah Penting dalam OTA yang Harus dipahami Orang Hotel
9 Istilah Penting dalam OTA yang Harus dipahami Orang Hotel

Tidak sedikit para pelaku usaha hotel yang baru terjun dalam perhotelan, belum mengetahui istilah-istilah umum yang ada dalam OTA (Online...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp