Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)

Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)

  hotelier   Ahmad Syarifudin Mahzumi   08 Mei 2024

Daftar isi

    Segmentasi Pasar Tamu Hotel

    1. Individual (FIT / Free Independent Travelers)
  • 2. Corporate
  • 3. Travel Agent
  • 4. Government
  • 5. Online Travel Agent 

Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel - Segmentasi pasar tamu hotel (Market Segment) adalah proses pengelompokan tamu hotel menjadi beberapa kategori berdasarkan sumber datangnya tamu ke hotel atau kebiasaan perjalanan yang digunakan untuk datang ke hotel. Segmentasi Pasar Tamu Hotel terbagi menjadi beberapa kelompok. Bagi Anda yang sedang belajar perhotelan, sangat penting untuk mengetahui segmentasi pasar tamu hotel. Nanti dibawah segmentasi pasar, akan ada turunannya yaitu dikenal dengan istilah Business Source. Berikut ini 5 segmentasi pasar tamu hotel secara umum, diantaranya :

Segmentasi Pasar Tamu Hotel

1. Individual (FIT / Free Independent Travelers)

Kategori segmentasi pasar hotel yang pertama yaitu Individual, yang artinya bahwa menandakan tamu tersebut datang secara individu langsung ke hotel, atau sering dikenal juga dengan Direct Guest. Biasanya, tamu individual terbagi menjadi beberapa source, diantaranya : Walk-In Guest dan Phone In Guest. Semakin banyak tamu individual datang ke hotel, maka semakin menguntungkan untuk hotel tersebut. Karena hotel tidak perlu mengeluarkan biaya komisi.

2. Corporate

Corporate guest merupakan tamu hotel yang datang dari perusahaan tertentu, dimana perusahaan tersebut sudah menjalin kerjasama dengan pihal hotel. Biasanya harga yang diberlakukan untuk tamu corporate ini berbeda dengan harga publish, atau sering dikenal dengan istiah Contract Rate (Harga Kontrak). Apa perbedaan antara publish rate dengan contract rate ? Mengutip dari situs hotelmu.id, Contract Rate merupakan harga yang diterapkan hotel pada tamu tertentu berdasarkan perjanjian kontrak kerjasama yan telah disepakati. Sedangkan Publish rate adalah harga standar yang diterapkan hotel kepada tamu umum. Biasanya harga kontrak akan lebih murah dibandingkan harga publish.

3. Travel Agent

Travel Agent Guest merupakan tamu yang datang ke hotel melalui agen travel tertentu yang sudah kerjasama dengan pihak hotel. Dalam hal ini, biasanya pihak hotel juga akan memberlakukan harga kontrak berdasarkan kesepakatan kerjasama dengan agen travel tersebut. Contohnya disini adalah Agen Travel Mobil di Bandung yaitu Surya Rental Mobil Bandung, kerjasama dengan Hotel Asyana Sentul. Maka, ketika ada tamu yang datang melalui Surya Rental Mobil Bandung ke Hotel Asyana, Asyana akan memberikan harga sesuai harga kontrak. Dan biasanya hotel akan menagihkan ke pihak travel, bukan ke tamu. Karena biasanya tamu sudah ambil paket harga travel + voucher hotel dari agen travel.

4. Government

Kemudian, Government Guest adalah tamu yang datang dari pemerintahan. Misalnya, tamu kementerian, PEMDA, dan lain-lain.

5. Online Travel Agent 

Terakhir yaitu Online Travel Agent, merupakan tamu hotel yang datang melalui agen travel online seperti Traveloka, Tiket.com, Booking.com, Agoda, dan lain-lain. Online travel agent adalah pasar terbesar datangnya tamu ke hotel. Saat ini, umumnya tamu yang datang dari OTA bisa mencapai hingga 60% dari semua OTA. 

Pada akhirnya, bisa disimpulkan bahwa sebagai pelaku bisnis hotel, sangat penting untuk mengelompokkan segmen pasar tamu. Dengan begitu Anda sebagai manajer hotel atau pemilik hotel dapat menganalisis sumber terbesar tamu yang daang ke hotel Anda. Jika OTA menjadi sumber pasar terbesar untuk tamu hotel Anda, maka Anda wajib memanfaatkan OTA. Dan nanti bisa diturunkan lagi, OTA mana yang menjadi sumber terbesar, apakah itu Traveloka, Tiket.com, Booking.com atau OTA lain.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order
Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order

Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order - Di perhotelan, terdapat banyak istilah-istilah mengenai status kamar. Dan status...

Selengkapnya
9 Istilah Penting dalam OTA yang Harus dipahami Orang Hotel
9 Istilah Penting dalam OTA yang Harus dipahami Orang Hotel

Tidak sedikit para pelaku usaha hotel yang baru terjun dalam perhotelan, belum mengetahui istilah-istilah umum yang ada dalam OTA (Online...

Selengkapnya
Fungsi dan Cara Kerja Channel Manager
Fungsi dan Cara Kerja Channel Manager

Channel Manager adalah salah satu aplikasi yang penting untuk membantu operasional hotel. Dalam artikel ini penulis akan menjelaskan fungsi dan...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp