Fatal ! Terlalu Fokus pada Okupansi tapi Lupa dengan Revenue

Fatal ! Terlalu Fokus pada Okupansi tapi Lupa dengan Revenue

  hotelier   Ahmad Syarifudin Mahzumi   03 Jun 2021

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dengan destinasi wisata karena kekayaan alamnya dengan alam yang indah. Tidak mengherankan, banyak wisatawan mancanegara yang tertarik untuk liburan ke Indonesia. Oleh karena itu, pariwisata menjadi salah satu sektor ekonomi terbesar dan tumbuh sangat pesat di Indonesia. Dengan banyaknya destinasi wisata di Indonesia, tentu saja akan menjadi prospek bagus untuk usaha perhotelan. Karena penginapan sangat diperlukan dekat dengan lokasi wisata.

Namun, seiring berjalannya waktu kini yang usaha dibidang akomodasi sangat banyak. Hal ini menyebabkan persaingan yang sangat sengit. Banyak usaha dan upaya agar hotel mereka tetap survive. Menurut bps (Badan Pusat Statistik) jumlah usaha penyedia akomodasi di Indonesia pada tahun 2019 tercatat sebanyak 29.243 usaha dengan jumlah kamar tersedia mencapai 776.025 kamar. Diantara usaha akomodasi tersebut, 3.516 usaha atau12,02 persen merupakan hotel-hotel yang telah diklasifikasikan sebagai hotel berbintang dengan jumlah kamar sebanyak 363.749 unit.

Penulis baru 5 tahun pengalaman di dunia akomodasi. Karena Penulis bekerja sebagai trainer di salah satu penyedia jasa aplikasi hotel. Karena sengitnya persaingan, tidak sedikit yang perang harga. Menurut pengalaman penulis, tidak sedikit manajemen hotel yang terlalu fokus dengan okupansi tetapi melupakan revenue, terutama para pendatang baru di dunia akomodasi. Banyak yang rela harga kamarnya terjun payung untuk meningkatkan okupansi. Tentu saja mudah untuk meningkatkan okupansi hotel kalau caranya merusak harga kamar. Padahal semakin okupansi tinggi, maka otomatis beban/biaya akan meningkat pula. Maka dari itu, jangan terkecoh dengan tawaran okupansi tinggi namun lupa dengan revenue. Tentu saja masih banyak cara atau opsi untuk meningkatkan profit.

6 Strategi Terbaik untuk Meningkatkan Okupansi dan Revenue Hotel

1. Berikan Pengalaman Terbaik Kepada Semua Tamu

Memberikan pengalaman terbaik adalah salah satu strategi tepat untuk meningkatkan penjualan kamar. Ada beberapa cara untuk memberikan pengalaman yang dapat membuat tamu kembali menginap secara terus-menerus di hotel anda, diantaranya :

  • Nama Hotel anda mudah ditemukan di internet terutama di Google. Dan dengan mudah tamu dapat melakukan reservasi secara online.
  • Berikan pelayanan terbaik kepada semua tamu, mulai dari tamu checkin sampai dengan checkout.

2. Makmisalkan Digital Marketing

Saat ini Digital Marketing adalah 2 kata yang sudah tidak asing lagi di dunia bisnis. Digital Marketing sudah menjadi media utama yang sangat efektif dan efisien bagi para pengusaha untuk mempromosikan produk ataupun jasanya. Berikut ini bebrapa poin yang harus anda maksimalkan dalam Digital marketing :

  • Aktif di Sosial Media seperti Facebook dan Instagram sebagai media promosi
  • Optimasi SEO Website Anda
  • Gunakan Google ads untuk membantu SEO website anda meningkat

3. Tentukan Harga Terbaik

Harga menjadi salah satu pertimbangan penting untuk membantu keputusan tamu dalam memilih hotel anda. Maka dari itu, tentukanlah harga di sesuai momennya. Naikkan harga diwaktu yang tepat dan turunkan harga di waktu yang tepat. Hal ini membutuhkan analisis yang sangat teliti. Tapi ada beberapa sistem manajemen hotel yang memfasilitasi fitur dalam membantu keputusan harga kamar. Nama fiturnya adalah Revenue Management. Pada fitur itu biasanya anda akan dbantu dalam memutuskan harga kamar sesuai momennya dengan mempertimbangkan harga kompetitor. vendor aplikasinya adalah hotelmu.id.

4. Minta Ulasan Tamu

meminta ulasan pada tamu adalah salah satu cara untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan hotel. Jadi hal ini sangat penting dilakukan. Tampung semua masukan dari tamu dan sempurnakan setiap kekurangan. baik itu pelayanan ataupun dari sisi fitur/fasilitas hotel.

5. Gunakan Aplikasi Manajemen Hotel yang Tepat

Untuk membantu efektifitas dan efisiensi operasional hotel, membutuhkan aplikasi hotel yang lebih dikenal dengan PMS (Property Management Hotel). Tapi demi operasional yang maksimal dan meminimalisir biaya, cari aplikasi hotel yang mendukung semua fitur yang anda butuhkan dalam 1 paket. Aplikasi yang mengintegerasikan semua departemen. Berikut ini beberapa fitur penting dalam aplikasi manajemen hotel :

  • Modul Front Office
  • Modul House Keeping
  • Modul POS Resto
  • Modul Store Room
  • Modul Channel Manager
  • Modul Revenue Management
  • Modul Online Reputation Management
  • Modul Marketing
  • Modul Store Room (Gudang)
  • Website dan Booking Engine

6. Memiliki Website & Booking Engine Sendiri

Agar hotel anda terlihat lebih meyakinkan dimata tamu, maka hotel anda wajib memiliki website dan booking engine sendiri sebagai media promosi dan online booking. Cari vendor aplikasi yang sudah menyediakan layanan website dan booking engine dalam satu paket seperti hotelmu.id.

Mungkin cukup sekian pembahasan saya seputar perhotelan. Semoga bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi umumnya untuk pembaca. Ilmu saya tentang perhotelan masih sangat terbatas. Silahkan berikan komentar untuk isi artikel ini apabila ada tambahan dari pembaca untuk melengkapi kekurangan artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Wassalaamu'alaikum Wr.Wb

 

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Laporan-laporan Penting untuk Manajemen Hotel
Laporan-laporan Penting untuk Manajemen Hotel

Laporan-laporan Penting untuk Manajemen Hotel. Laporan apa saja yang diperlukan oleh manajemen hotel ? Laporan merupakan informasi yang sangat...

Selengkapnya
Jenis Reservasi atau Booking dalam Dunia Perhotelan
Jenis Reservasi atau Booking dalam Dunia Perhotelan

Reservasi di industri perhotelan dari sisi pembayaran dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu sudah bayar dan belum bayar. Di Aplikasi...

Selengkapnya
Perbedaan OTA dengan VHO
Perbedaan OTA dengan VHO

Bagi OTA, Anda selaku pemilik hotel tidak perlu risau dengan brand hotel karena mereka (dibaca OTA) tidak akan melakukan re-branding...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285778118560
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
How can I help you?