Manusia tidak luput dari khilaf

Manusia tidak luput dari khilaf

  Tak Berkategori   Ahmad Syarifudin Mahzumi   23 Feb 2021

Assalaamu'alaikum Wr.Wb

 

Hello gais, apa kabar? Alhamdulillah baik-baik yah. Pembahasan saya kali ini adalah "Manusia Tidak Luput dari Khilaf". Tidak tau kenapa, rasanya menarik saja kalau saat ini menulis tentang khilaf yah. Pengertian khilaf itu apa sih ? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  Khilaf adalah keliru, salah (yang tidak disengaja). Nah dapat disimpulkan, bahwa khilaf itu kesalahan yang dilakukan dengan tidak sengaja. Dalam artian, dilakukannya dengan tidak sadar dan dilakukan 1, 2 kali (tidak berkali-kali). Yah kalau kesalahan itu dilakukan berkali-kali bahkan bertahun-tahun itu apa dong? Yang pasti bukan khilaf harusnya yah.

Dari pembahasan ini ayo kita simpulkan, yah memang manusia tidak luput dari kesalahan/khilaf. Karena memang tidak ada manusia yang sempurna. Maka dari itu, manusia dituntut untuk terus mengoreksi diri sendiri. Karena koreksi diri sendiri itu sangat sulit dibandingkan dengan melihat kesalahan orang lain. Sahabat jangan terlalu terlena yah, hati-hati sering menilai orang lain, namun lupa dengan diri sendiri. padahal, setiap apapun yang kita lakukan didunia, itu semuanya yang akan kita pertanggungjawabkan di akhirat.

Penulis menyadari, bahwa tidaklah mudah untuk terus mengoreksi diri sendiri. Tidaklah mudah untuk istiqomah dalam kebaikan. karena memang sudah sifatnya manusia, tingkat keimanannya terkadang naik dan terkadang turun. Tapi minimal, kita berusaha untuk menjadi lebih baik mulai dari akhlak. Berusaha sadar ketika salah, sadar dengan cepat dan segera memperbaiki diri. Evaluasi diri, evaluasi diri dan evaluasi diri !

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Rental Mobil Kapasitas 12 Orang di Bandung
Rental Mobil Kapasitas 12 Orang di Bandung

Rental Mobil Kapasitas 12 Orang di Bandung - Apakah Anda sedang mencari referensi mengenai rental mobil kapasitas 12 orang ?...

Selengkapnya
Cara Termudah Menyalin Teks dalam File PDF yang Aksesnya dibatasi atau di Proteksi
Cara Termudah Menyalin Teks dalam File PDF yang Aksesnya dibatasi atau di Proteksi

Pada konten kali ini, penulis akan menjelaskan tips mudah untuk menyalin teks atau copy text dari file pdf yang aksesnya dibatasi...

Selengkapnya
Cari Tahu Yu Jenis-Jenis Status Kamar di Hotel
Cari Tahu Yu Jenis-Jenis Status Kamar di Hotel

Bagi kamu yang memulai untuk mendalami ilmu perhotelan, kamu perlu tahu kode-kode status kamar di hotel....

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp