DASAR FOTOGRAFI – DIAL MODE PADA KAMERA #2

DASAR FOTOGRAFI – DIAL MODE PADA KAMERA #2

  Fotografi   Ahmad Syarifudin Mahzumi   24 Apr 2021

Daftar isi

Assalaamu'alaikum warohmatullah

Hai Gais, kembali lagi di blog Ahmad Syarifudin. Kali ini kita bahas tentang Dial Mode. Temen-temen yang pernah atau sedang belajar fotografi pasti pernah mendengar dial mode. Apa itu dial mode ? Ayo kita pelajari apa sih dial mode dan apa fungsinya dalam dunia fotografi.

Apa itu Dial Mode atau Mode Dial ?

Mode Dial atau Camera Dial adalah tombol untuk mengubah mode pada kamera dan melakukan pengaturan bagaimana kamera beroperasi (wikipedia). pada suatu kamera baik itu DSLR, Mirroless ataupun pocket terdapat preset yang berbentuk roda yang berfungsi untuk mengatur mode operasi pengambilan exposure pada kamera. Dan biasanya penulisan pada dial mode pada setiap kamera itu berbeda-beda. Roda dial biasanya terletak di bagian atas kamera sebelah kanah, yang terdiri dari :

  • Auto
  • P (Program)
  • A atau Av (Aperture Priority)
  • S atau Tv (Shutter Priority)
  • M (Manual)
  • Scene adalah mode otomatis yang disesuaikan dengan objek yang akan difoto.

Bisa dijelaskan dari masing-masing mode dial ?

ya tentu saja. ayo kita bahas satu persatu dari masing-masing mode dial. Biasanya banyak sekali yang salah persepsi terutama pada mode yang bertuliskan A. Dimana mode bertuliskan A sering dianggap mode Auto, padahal itu adalah Aperture Priority. Langsung saja kita bahas satu persatu fungsi dari masing-masing mode dial pada kamera.

  • Auto -> apabila kita menggunakan mode auto maka kamera akan secara otomatis menentukan Aperture, Shutter Speed dan ISO sesuai dengan analisis kamera dalam membaca objek yang kita foto.
  • P (Program) mode program hampir sama dengan mode Auto, kamera akan otomatis menentukan pengaturan shutter speed dan aperture. Namun kita masih bisa mengubah kombinasi shutter speed dan aperture-nya.
  • A atau Av (Aperture Priority) artinya jika kita mengatur mode kamera di Aperture Priority, maka kamera ini akan memprioritaskan aperture / diafragma / bukaan lensa sebagai pengambilan foto. Biasanya mode ini digunakan untuk memudahkan fotografer dalam mengambil foto bokeh. Jadi kalau kita menggunakan mode Aperture Priority, kita cukup mengatur aperture-nya, maka ISO dan Shutter Speed akan menyesuaikan.
  • S atau Tv (Shutter Priority) artinya adalah kamera akan memprioritaskan shutter speed dalam pengambilan gambar. Biasanya mode ini digunakan oleh seorang professional ketika mengambil gambar suatu objek yang bergerak.
  • M (Manual) -> mode manual biasanya digunakan oleh seorang prefesional. Karena dengan mode manual, seorang fotografer dapat melakukan pengaturan sesuai seleranya.
  • Scene adalah mode otomatis yang disesuaikan dengan objek yang akan difoto.

Nah dari penjelasan diatas sudah ada gambaran tentang dial mode pada kamera ? sudah tahukah mode apa yang kalian butuhkan ? Harusnya temen-temen sudah ada gambaran apabila temen-temen sudah pelajari tentang Segitiga Exposure / Exposure Triangle. Apabila kalian belum tau tentang Segitiga Exposure, Temen-temen bisa baca di artikel saya sebelumnya.

DASAR FOTOGRAFI – SEGITIGA EXPOSURE #1

Mungkin cukup disini dulu penjelasan tentang dial mode pada kamera. Selanjutnya saya akan jelaskan lebih rinci dengan contoh-contohnya. Terus pantau blog Ahmad Syarifudin yah. Semoga bermanfaat. Wassalam

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

DASAR FOTOGRAFI – Apa itu Focal Length ? #4
DASAR FOTOGRAFI – Apa itu Focal Length ? #4

Setiap foto memiliki focal length yang berbeda-beda. Semakin kecil focal length, maka jarak objek foto semakin jauh. Dan semakin besar...

Selengkapnya
DASAR FOTOGRAFI – Jenis-Jenis Lensa Kamera DSLR #3
DASAR FOTOGRAFI – Jenis-Jenis Lensa Kamera DSLR #3

jenis-jenis lensa kamera. Lensa fixed atau prime adalah jenis lensa kamera yang memiliki satu focal length saja. Artinya lensa tersebut tidak memiliki...

Selengkapnya
DASAR FOTOGRAFI – SEGITIGA EXPOSURE #1
DASAR FOTOGRAFI – SEGITIGA EXPOSURE #1

Pada SEGITIGA EXPOSURE ada 3 elemen yang harus dipahami, yaitu Diafragma (aperture), Shutter Speed dan ISO. Ketiga elemen tersebut...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp