Laporan-laporan Penting untuk Manajemen Hotel

Laporan-laporan Penting untuk Manajemen Hotel

  hotelier   Ahmad Syarifudin Mahzumi   19 Jul 2021

Daftar isi

  • 1. Laporan Statistik Hotel
  • 2. Laporan Forecasting
  • 3. Sales Insight
  • 4. Laporan Akuntansi

Laporan-laporan Penting untuk Manajemen Hotel. Laporan apa saja yang diperlukan oleh manajemen hotel ? Laporan merupakan informasi yang sangat dibutuhkan untuk manajemen hotel. Dengan Laporan yang detail dan informatif, bisa membantu manajemen hotel sebagai bahan analisis. Dimana semua laporan yang dihasilkan dari semua operasional hotel akan di olah untuk mencapai target okupansi dan revenue sesuai dengan yang diharapkan owner.

Pada artikel ini, penulis mencoba membagikan pengalaman terkait laporan-laporan yang sangat berguna untuk manajemen hotel :

  1. Laporan Statistik Hotel (Format Harian, Bulanan dan Tahunan)
  2. Laporan Forecasting
  3. Sales Insight
  4. Laporan Akuntansi

Semua laporan diatas, merupakan laporan yang sangat penting untuk manahemen hotel. Berikut ini penulis jelaskan satu-persatu :

1. Laporan Statistik Hotel

Laporan statistik memberikan informasi singkat tapi padat terkait okupansi, Revenue, RevPar (Revenue per Available Rate), dan ARR (Average Room Rate). Biasanya laporan statistik ini disajikan dalam format harian, bulanan, dan tahunan. 

2. Laporan Forecasting

Laporan Forecasting ini adalah memberikan informasi terkait ramalan/perkiraan Okupansi, Revenue dan Average Room Rates dalam bentuk harian dan bulanan. Mungkin bisa djuga ditambahkan field lainnya untuk forecasting. Dengan adanya Forecasting Report, Manager ataupun owner bisa mengetahui prediksi/perkiraan okupansi dan revenue dimasa yang akan datang. Seorang analisis biasanya menggunakan grafik untuk bahan analisis.

3. Sales Insight

Sales Insight menyajikan laporan statistik (okupansi, revenue, ARR) dalam bentuk grafik/chart. Laporan ini juga akan menunjukkan perbandingan harian, bulanan dan tahunan. Membandingkan statistik dari ini dan kemarin, bulan ini dan bulan sebelumnya, tahun ini dan tahun sebelumnya. Terkadang, seseorang lebih menyukai grafik dibanding tulisan.

4. Laporan Akuntansi

Laporan Akuntansi tentu saja sangat penting disetiap perusahaan. laporan yang disajikan mencakup laporan Arus Kas, Neraca Saldo, dan Labarugi.

Aplikasi HotelMu memiliki fitur laporan-laporan yang sudah penulis jelaskan diatas. Masih banyak laporan-laporan lainnya yang sangat penting untuk manajemen hotel. Apabila anda tahu laporan lainnya yang penting dan dibutuhkan hotel, silahkan isi pada kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel
Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel

Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel - Occupancy, ARR, RevPAR dna House Count merupakan data statistik hotel...

Selengkapnya
Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order
Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order

Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order - Di perhotelan, terdapat banyak istilah-istilah mengenai status kamar. Dan status...

Selengkapnya
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)

Segmentasi pasar tamu hotel (Market Segment) adalah proses pengelompokan tamu hotel menjadi beberapa kategori berdasarkan sumber datangnya tamu ke hotel...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp