Belajar SEO Praktis Untuk Pemula, Apa Itu SEO, Apa Manfaat SEO, SEO On Page dan SEO Off Page

Belajar SEO Praktis Untuk Pemula, Apa Itu SEO, Apa Manfaat SEO, SEO On Page dan SEO Off Page

  Belajar SEO   Ahmad Syarifudin Mahzumi   31 Jul 2021

Daftar isi

  • DAFTAR ISI
  • APA PERBEDAAN SEO DAN SEM ?
  • APA ITU SEO ?
  • MANFAAT SEO
  • JENIS-JENIS SEO
  • DASAR-DASAR CARA KERJA PENELUSURAN GOOGLE
  • RINGKASAN PEDOMAN GOOGLE
  • KESIMPULAN

Apa itu SEO ? Apa manfaat SEO ? Dan banyak orang yang menanyakan tentang SEO, terutama para pengusaha yang ingin meningkatkan penjualan produknya melalui internet atau ingin membangun brand awarenesDan banyak juga para blogger pemula yang ingin meningkatkan ranking blog mereka di hasil pencarian baik itu di Google, Bing dan mesin pencari lainnya. Nah pada artikel ini oenulis akan membahas lengkap dan jelas semua tentang SEO, mulai dari pengertian SEO, beberapa istilah dalam SEO sampai manfaat SEO. Pada artikel ini penulis tidak akan menjelaskan teknik SEO semua mesin pencari. Tetapi penulis akan menjelaskan tentang SEO Google, karena Google merupakan mesin pencari yang paling populer saat ini. Dan sebagian besar pengguna internet itu menggunakan mesin pencari Google.

DAFTAR ISI

  1. Apa Perbedaan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) ?
  2. Apa Itu SEO ?
  3. Apa Manfaat SEO ?
  4. Bagaimana Cara Kerja SEO ?
  5. Mengenal SEO On Page
  6. Mengenal SEO Off Page
  7. Ringkasan Pedoman Google
  8. Kesimpulan

APA PERBEDAAN SEO DAN SEM ?

SEO (Search Engine Optimization) merupakan optimasi yang dilakukan untuk meningkatkan trafik organik. Itu artinya pengunjung yang masuk ke situs melalui hasil organik dan tanpa biaya. Adapun SEM (Search Engine Marketing) merupakan trik pemasaran di internet dengan cara berlangganan iklan berbayar. Adapun biaya dari SEM biasanya dilakukan dengan cara PPC (Pay per Click). Hasil dari SEM akan terlihat dengan cepat sesuai budget yang dialokasikan. Semakin besar dana yang anda keluarkan, maka akan semakin besar kemungkinan situs anda muncul paling atas dihasil pencarian. Biaya per-klik Google Ads ini beda-beda, tergantung keyword yang anda targetkan. Apabila keyword yang anda target banyak pesaingnya, maka akan semakin mahal biaya per-klik-nya.

Banyak pertanyaan tentang SEO dan SEM. Apabila saya mempunyai situs baru, langkah apa yang harus saya ambil. Lebih baik menggunakan jasa SEM atau SEO ?

Jawabannya adalah tergantung tujuan anda. Apabila anda ingin membangun personal branding atau brand awareness bisa dilakukan secara paralel. Langkah awal agar website anda cepat berada di page one Google, anda bisa menggunakan jasa SEM terlebih dahulu. Kemudian untuk jangka panjangnya, anda juga menggunakan jasa SEO. Jadi anda tidak akan terus-menerus mengeluarkan biaya iklan nantinya. Karena SEM yang umumnya menggunakan Google Ads, setelah deposit anda habis maka website atau situs anda akan hilang dari page one hasil pencarian Google. Sedangkan, SEO merupakan optimasi murni yang akan membantu meningkatkan ranking situs di hasil pencarian Google.

APA ITU SEO ?

SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu teknik dalam mengupayakan website ataupun blog mendapatkan peringkat satu dihasil pencarian. Semakin atas peringkat website di mesin pencari (Search Engine) maka akan semakin tinggi organic traffic (Jumlah Kunjungan) ke website tersebut. Apa itu organic traffic ? Organic traffic adalah lalu lintas dari pengunjung yang masuk ke dalam website melalui pencarian hasil organik, bukan dari iklan-iklan berbayar.

Selain untuk meningkatkan organic traffic, SEO dapat membantu situs anda untuk mendapatkan trafik yang tepat sasaran sesuai dengan tujuan anda, sektor apa yang anda harapkan/tuju. Oleh karena itu, Penggunaan jasa SEO merupakan suatu keputusan yang besar. Karena penggunaan Jasa SEO yang tidak tepat akan sangat beresiko. Bukannya meningkatkan trafik, tapi merusak reputasi situs anda. Gunakanlah jasa SEO yang tepat yaitu di jasa seo ahmadsyarifudin.id.

Sebelum anda menggunakan jasa konsultan SEO, anda harus tahu layanan apa saja yang biasanya ditawarkan. Banyak agen / konsultan SEO yang menyediakan paket layanan meliputi :

  • Membantu struktur situs anda;
  • Menyusun konten situs anda;
  • Membangun website / situs;
  • Manajemen kampanye website;
  • Riset keyword / kata kunci;
  • Kursus SEO;

MANFAAT SEO

Kenapa SEO itu penting ? Karena SEO akan memberikan banyak manfaat untuk anda. Berikut ini manfaat yang akan dihasilkan dari SEO (Search Engine Optimization) :

  • Meningkatkan trafik organik situs / website.
  • Membangun brand awareness.
  • Mendapatkan pengunjung yang tepat sasaran.
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan.

JENIS-JENIS SEO

Jenis SEO terbagi menjadi 2 jenis, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Apabila anda ingin meningkatkan SEO maka anda harus memperhatian keduanya. Karena SEO On Page dan SEO Off Page ini saling berkaitan. Jadi untuk mengoptimalkan ranking di Google, anda harus menerapkan keduanya. Apa itu SEO On Page dan SEO Off ?

SEO ON PAGE

SEO On Page merupakan upaya yang dilakukan dengan cara mengoptimasi konten yang diterbitkan pada situ itu sendiri. Berikut ini langkah-langkag optimasi SEO On Page :

  • Situs atau website cepat diaksesnya

Salah satu faktir terpenting yang berpengaruh dengan SEO website anda adalah kecepatan akses website anda (speed website). Karena semua upaya anda akan menjadi sia-sia apabila website anda sering mati dan lemot diakses. Bagaimana Google akan melakukan crawling dan pengindeksan kalau website anda sering mati. Jangankan oleh Google, pengunjung mau akses saja kalau loading-nya lama, mereka akan meninggalkan website anda saat itu juga.

  • Menggunakan SSL (Secure Socket Layer) /TLS (Transport Layer Security)

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki website/situs anda. Karena dengan SSL maka transfer data didalam situs anda menjadi lebih secure. Apabila website anda menggunakan SSL, maka url website akan berubah menjadi HTTPS. Bahkan di borser Chrome sudah memberikan label not secure pada situs yang tidak menggunakan SSL.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan langsung dari situs resmi Google, HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas kerahasiaan data antara konputer pengguna dengan situs. Pengguna menginginkan pengalaman online yang aman dan bersifat pribadi saat menggunakan situs. Oleh karena itu, sebaiknya situs anda menggunakan HTTPS untuk melindungi koneksi pengguna ke situs Anda, terlepas dari isi konten situs tersebut.

  • Menggunakan Permalink Sederhana

Permalink adalah singkatan dari permanent link. Struktur permalink yang sederhana akan berpengaruh terhadap kualitas optimasi SEO di situs anda. Berikut ini contoh permalink yang sederhana.

https://www.ahmadsyarifudin.id/jasa-seo-relevan-di-bandung

Dari contoh permalink diatas, seperti kita ketahui itu diambil dari akses domain + slug judul artikel. Permalink yang sederhana akan memudahkan Google Penelusuran untuk melakukan indexing.

  • Menggunkan Template Website yang Responsive (mobile friendly)

Silahkan anda make sure, apakah situs anda sudah mobile-friendly ? Karena situs yang mobile-friendly akan memberikan pengalaman halaman yang baik di Google Penelusuran. Oleh karena itu, mobile-friendly sangat berpengaruh juga untuk Optimasi SEO.

  • Struktur Konten Sesuai Tema dan mudah dibaca

Selanjutnya, silahkan anda pikirkan kembali, apa target/tujuan dari situs anda ? Apabila situs anda adalah situs jasa Web Development, maka anda harus memberikan pengalaman kepada pengguna dan Google Penelusuran dengan konten situs anda yang berisi layanan anda tersebut serta hal-hal yang berkaitan. Bagaimana Google Penelusuran mengenali situs web development anda apabila konten dalam situs anda lebih banyak tentang Resep Memasak ?

  • Menggunakan Heading dan Sub-Heading

Berdasarkan teori SEO, Tag Heading dan Sub-Heading yaitu H1 sampai H6 merupakan salah satu elemen penting untuk mengoptimalkan SEO On Page di situs anda. Dengan menerapkan tag heading pembaca akan lebih mudah memahami gagasan utama dari konten situs anda. Karena Tujuan dari penggunaan heading adalah untuk mengkategorikan bagian-bagian konten di situs anda, sehingga situs anda menjadi lebih friendly.

  • Optimasi Gambar

Langkah Optimasi yang harus anda perhatikan juga yaitu Optimasi Gambar. Situs yang mengandung terlalu banyak gambar dengan resolusi besar akan mengakibatkan situs anda lemot untuk diakses.

  • Menyusun Meta Tag

Langkah Optimasi SEO berikutnya adalah menyusun meta tag. Meta Tag adalah strategi SEO yang dapat membantu mengontrol tampilan halaman situs anda di Google Penelusuran. Meta Tag adalah cara tepat bagi pemilik situs untuk memberikan informasi tentang situs mereka kepada mesin telusur. Meta Tag ditambahkan ke bagian <head> dihalaman HTML anda. Berikut ini contoh sederhana dari penggunaan Meta Tag.

<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <meta charset="utf-8">
    <meta name="description" content="Apa itu SEO ? Apa manfaat SEO ? Dan banyak orang yang menanyakan tentang SEO, terutama para pengusaha yang ingin meningkatkan penjualan produknya melalui internet atau ingin membangun brand awarenes. Dan banyak juga para blogger pemula yang ingin meningkatkan ranking blog mereka di hasil pencarian baik itu di Google, Bing dan mesin pencari lainnya. Nah pada artikel ini oenulis akan membahas lengkap dan jelas semua tentang SEO, mulai dari pengertian SEO, beberapa istilah dalam SEO sampai manfaat SEO. Pada artikel ini penulis tidak akan menjelaskan teknik SEO semua mesin pencari. Tetapi penulis akan menjelaskan tentang SEO Google, karena Google merupakan mesin pencari yang paling populer saat ini. Dan sebagian besar pengguna internet itu menggunakan mesin pencari Google.">
    <meta name="google-site-verification" content="hKjzSx9Ukxp8gygFfZw1L5V96wMKQtUXufIHpVPE_wQ" />
    <title>Belajar SEO Praktis Untuk Pemula, Apa Itu SEO, Apa Manfaat SEO, SEO On Page dan SEO Off Page</title>
    <meta name="robots" content="noindex,nofollow">
  </head>
</html>
  • Memaksimalkan Internal Link

Internal Link adalah panduan penting untuk SEO situs anda. Apa itu Internal Link ? Internal Link merupakan link yang anda buat dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website yang sama. Internal link akan membantu Google Penelusuran dalam pengindeksan situs anda. Bagaimana contoh Internal Link ? Contoh Internal Link akan kami tulis pada artikel SEO berikutnya.

  • Menyisipkan Outbound Link 

Outbound Link / External Link adalah kebalikan dari internal link. Outbound Link adalah tautan / link yang mengarah dari situs web Anda ke situs web lain. Outbound Link digunakan untuk menambahkan konten lebih banyak konteks dan untuk menghubungkan pembaca ke sumber lain yang akan menambahkan informasi tambahan penting ke topik yang ada. Dan Menautkan ke konten yang relevan membantu memperkuat sinyal topikal halaman web Anda dan membantu menambahkan konteks bagi Google untuk memahami situs Anda dengan lebih baik.

  • Menyediakan Social Share Button

Siapa sih yang tidak memiliki akun sosial media di jaman yang modern ini ? Sebagian besar manusia diseluruh dunia memiliki sosmed. Maka dari itu, sediakanlah fitur Social Share Button untuk memudahkan pembaca membagikan konten anda ke sosial media mereka. Karena ini merupakan salah satu upaya Optimasi SEO. Semakin banyak pengguna sosial media yang membagian artikel/konten situs anda, maka semakin besar kemungkinan situs anda akan mendapatkan banyak pengunjung.

SEO OFF PAGE

SEO Off Page adalah langkah-langkah Optimasi SEO yang dilakukan diluar konten website anda. Jadi untuk meningkatkan rangking website anda di google penelusuran, tidaklah cukup dengan optimasi dari dalam website anda saja. Masih banyak faktor lain yang berpengaruh terhaap kualitas SEO website anda. Salah satu faktor diluar website yang cukup berpengaruh terhadap kualitas SEO adalah backlink. Dimana semakin banyaknya backlink dofollow maka akan membuat website anda memiliki kredibilitas tinggi sehingga mendapatkan kepercayaan dari Google untuk ditempatkan di ranking teratas.

Apa itu BacklinkBacklink adalah suatu link yang ditanamkan pada website lain yang mengarah ke website anda. Agar membantu mengoptimalkan SEO Website kita, usahakan untuk memberikan backlink di situs website yang memiliki kualitas SEO bagus. Tentu apabila anda akan melakukan cara ini, harus mengikuti syarat dan ketentuan Google. Jangan sampai backlink tersebut dianggap spam oleh Google.

DASAR-DASAR CARA KERJA PENELUSURAN GOOGLE

Dilansir dari situs Google, Google adalah mesin telusur yang sepenuhnya otomatis, yang menggunakan software bernama web crawler untuk menjelajahi web secara rutin guna menemukan situs yang akan ditambahkan ke indeks. Faktanya, sebagian besar situs yang tercantum dalam hasil penelusuran kami tidak dikirimkan secara manual untuk dicantumkan, tetapi ditemukan dan ditambahkan secara otomatis saat web crawler meng-crawl web tersebut. Pada dasarnya, Google Penelusuran bekerja dalam tiga tahap:

  • Crawling: Google menelusuri web menggunakan program otomatis yang disebut crawler untuk mencari halaman baru atau yang diperbarui. Google menyimpan alamat halaman (atau URL halaman) tersebut dalam daftar besar untuk dilihat nanti. Google menemukan halaman melalui berbagai metode, tetapi metode utamanya adalah dengan mengikuti link dari halaman yang sudah diketahui.
  • Pengindeksan: Google mengakses halaman yang telah dipelajari selama crawling, lalu mencoba menganalisis berbagai elemen yang ada di setiap halaman. Google menganalisis file video, gambar, dan konten pada halaman tersebut untuk mencoba memahami informasi di dalamnya. Informasi ini disimpan di indeks Google, yaitu database besar yang disimpan di banyak komputer.
  • Penayangan hasil penelusuran: Saat pengguna melakukan penelusuran di Google, Google akan mencoba menentukan hasil berkualitas tertinggi. Hasil "terbaik" ditentukan oleh banyak faktor, termasuk lokasi, bahasa, perangkat (desktop atau ponsel), dan kueri sebelumnya dari pengguna tersebut. Misalnya, jawaban untuk penelusuran "bengkel reparasi sepeda" bagi pengguna di Bandung akan berbeda dengan jawaban bagi pengguna di Bangkok. Google tidak menerima pembayaran untuk meningkatkan peringkat halaman, dan pemberian peringkat dilakukan menggunakan algoritme.

RINGKASAN PEDOMAN GOOGLE

Dilansir langsung dari situ Google, Google sendiri sudah memberikan pedoman / saran tentang cara membuat kode pada situs agar memenuhi syarat untuk ditampilkan di Google. Pedoman itu mencakup beberapa kategori sebagai berikut :

1. Pedoman Webmaster

Pedoman webmaster adalah praktik terbaik yang umum untuk membantu situs muncul di Google Penelusuran, serta pedoman kualitas yang jika tidak diikuti, dapat menyebabkan halaman atau situs dihapus dari Penelusuran. Maka dari itu salah satu langkah untuk meningkatkan SEO adalah dengan cara mendaftarkan situs anda di Webmaster Tools - Google Search Console.

2. Pedoman Umum

Pedoman umum berikut adalah praktik terbaik agar situs muncul dalam tampilan terbaiknya di Google.

  • Menjaga kesederhanaan struktur URL
  • Mengualifikasi link keluar ke Google
  • Memberi tag perlakuan untuk anak-anak pada situs
  • Kompatibilitas browser
  • Menghindari pembuatan konten duplikat
  • Menjadikan link dapat di-crawl
  • Memastikan Googlebot tidak diblokir
  • Praktik terbaik untuk pengujian situs dengan Google Penelusuran

3. Pedoman Khusus Konten

Pedoman berikut adalah tips tambahan untuk jenis konten tertentu di situs, termasuk situs gambar, video, AMP, AJAX, dan mobile-friendly. Untuk informasi selengkapnya tentang praktik terbaik yang umum, atau cara mengaktifkan fitur tertentu pada situs, lihat Topik Tampilan Penelusuran.

  • Praktik terbaik Google Gambar
  • Praktik terbaik video
  • Praktik terbaik file multimedia
  • Panduan AMP pada Google Penelusuran
  • Praktik terbaik untuk situs pendidikan di Google Penelusuran
  • Referensi COVID-19 untuk situs dari Google Penelusuran

4. Pedoman Kualiatas

Pedoman ini menjelaskan teknik tertentu yang dilarang yang dapat menyebabkan halaman atau situs anda dihapus dari hasil penelusuran. Penggunaan teknik ini dapat menyebabkan tindakan manual pada situs.

  • Konten yang dibuat otomatis
  • Pengalihan tersembunyi
  • Skema link
  • Konten kurang berkualitas
  • Link berbayar
  • Konten salinan
  • Kata kunci yang tidak relevan
  • dan lain-lain.

Untuk Pedoman lebih detailnya, bisa anda cek langsung disini.

KESIMPULAN

SEO atau (Search Engine Optimization) merupakan program jangka panjang yang merupakan solusi terbaik untuk mendapatkan peringkat terbaik di Google Penelusuran ataupun mesin telusur lainnya. Dan yang harus menjadi catatan penting-nya adalah gunakanlah jasa atau agensi Optimasi SEO yang benar-benar professional. Karena Optimasi SEO yang salah akan mengakibatkan resiko besar, yang akan merusak reputasi situs anda di Mesin Pencari. Jika anda adalah seorang yang sedang belajar SEO, maka teruslah untuk mengikuti perkembangan algoritma SEO.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

3 Rekomendasi Jasa SEO Terbaik di Bandung
3 Rekomendasi Jasa SEO Terbaik di Bandung

Optimasi SEO adalah salah satu strategi penting untuk meningkatkan penjualan online. i datang melalui website. Karena website kami sudah muncul...

Selengkapnya
Plugin Untuk Optimasi SEO di Wordpress #tipsseo
Plugin Untuk Optimasi SEO di Wordpress #tipsseo

Plugin apa yang harus saya install untuk optimasi seo website wordpress ? Pada Wordpress, sudah ada banyak plugin untuk membantu optimasi...

Selengkapnya
Jasa Seo Murah Bandung
Jasa Seo Murah Bandung

Saya mencari jasa seo murah di Bandung. Nama perusahaannya apa ya ? Kalian tanya saja ke Jasaseojoss. SEO atau Search Engine...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp