Apa Itu Digital Marketing dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

Apa Itu Digital Marketing dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

  Digital Marketing   Ahmad Syarifudin Mahzumi   11 Nov 2021

Daftar isi

  • Apa Itu Digital Marketing?
  • Apa Manfaat Digital Marketing?
  • Jenis-jenis Digital Marketing
  • Bagaimana Cara Memulai Menerapkan Digital Marketing ?
  • Kesimpulan

Apa Itu Digital Marketing dan Bagaimana Cara Menerapkannya? Mungkin salah satu diantara teman-teman yang membaca artikel ini, sama sekali belum mengetahui tentang Digital Marketing. Tetapi sering mendengar kata Digital Marketing. Dan bertanya-tanya tentang Digital Marketing.

  1. Apa itu Digital Marketing?
  2. Apa manfaat Digital Marketing?
  3. Jenis-jenis Digital Marketing.
  4. Bagaimana cara memulai menerapkan Digital Marketing?
  5. Kesimpulan

Apa Itu Digital Marketing?

Menurut Wikipedia, Digital marketing atau Pemasaran Digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Apa bedanya dengan marketing konvensional ? Marketing Konvensional mempromosikan produk tidak menggunakan media digital dan internet. Upaya yang dilakukan dengan cara tradisional seperti door to door / offline, dengan brosur, dan media lainnya yang dilakukan secara langsung.

Digital Marketing adalah pemasaran digital yang sedang trend saat ini. Kenapa demikian ? Karena berdasarkan informasi dari kompas pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total penduduk di Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Itu artinya, sebagian besar penduduk Indonesia sudah menggunakan internet. Jadi Digital Marketing tentunya lebih efisien dibandingkan dengan konvensional.

Apa Manfaat Digital Marketing?

Mengapa anda perlu menerapkan Digital Marketing pada bisnis anda ? Karena banyak manfaat yang anda dapatkan dengan Digital Marketing, diantaranya :

  • Biayanya promosi relatif lebih hemat dibandingkan dengan cara konvensional.
  • Digital Marketing memungkinkan untuk menargetkan audiens secara spesifik. Oleh karena ini, tingkat konversi menjadi lebih maksimal.
  • Dapat menjangkau pasar lebih luas dengan cepat. Dengan jangkauan yang luas, maka bisnis yang anda kelola akan lebih dikenal oleh banyak konsumen. Dengan demikian, peluang mendapatkan pelanggan juga semakin besar.
  • Digital Marketing memungkinkan anda untuk melihat performa promosi bisnis anda. Karena kebanyakan tools Digital Marketing, menyediakan metrik performa Iklan.
  • Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan untuk kemajuan bisnis anda dengan Digital marketing.

Jenis-jenis Digital Marketing

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau yang sering kita kenal dengan sebutan SEO, merupakan upaya untuk meningkatkan ranking suatu website di mesin pencarian, terutama Google. Dimana SEO ini adalah langkah untuk jangka panjang yang membutuhkan proses. Biasanya, apabila umur domain dan website-nya masih baru, minimal membutuhkan waktu 6 bulan. Tergantung target keyword / kata kunci-nya.

2. Search Engine Marketing(SEM)

Search Engine Marketing merupakan upaya instan agar website berada di rank 1. SEM adalah trik pemasaran di internet dengan cara berlangganan berbayar sesuai dengan budget anda. SEM jelas berbeda dengan SEO, untuk lebih detailnya anda bisa membaca pada artikel kami tentang SEO dan SEM disini.

3. Social Media Marketing (SMM)

Siapa yang tidak tau tentang Social Media Marketing, apalagi seorang penguasaha. Sebagian besar bisnis saat ini meningkatkan brand mereka melalui sosial media, terutama Instagram dan Facebook. Masih banyak platform media sosial lainnya yang bisa digunakan untuk media promosi. Pilihlah media sosial yang sesuai dengan target pasar bisnis anda. Jika bisnis anda adalah jualan jilbab, mungkin Instagram pilihan yang paling tepat untuk media promosinya. Biaya SMM relatif lebih murah jika dibandingkan dengan konvensional. Bahkan bisa gratis jika anda mempelajari algoritmanya dan anda kelola sendiri.

4. Email Marketing

Salah satu jenis digital marketing adalah Email Marketing. Anda bisa kirim email broadcast mengenai promosi produk anda ke semua pelanggan. Email Marketing ini dilakukan dalam upaya menjaga hubungan baik dengan semua pelanggan anda, atau bahasa kerennya bagian dari CRM (Customer Relationship Management). Jadi tidak hanya promosi, tapi mengirim pesan ke para pelanggan seperti mengucapkan selamat ulang tahun misalnya. Jadi, Email Marketing salah satu strategi marketing yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis.

5. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan opsi yang bagus untuk media marketing anda. Affiliate Marketing adalah sistem bisnis yang membayar jasa orang lain (komisi) ketika orang tersebut berhasil menjual produk anda. Banyak bisnis yang menggunakan sistem affiliate untuk meningkatkan penjualannya. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir budget biaya marketing.

Bagaimana Cara Memulai Menerapkan Digital Marketing ?

Sebelum anda memulai untuk menerapkan Digital Marketing pada bisnis anda, banyak hal yang perlu anda pertimbangkan agar strategi marketing-nya lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Karena, jika anda ngasal dalam artian tanpa planning yang matang, maka anda hanya akan membuang banyak waktu dan biaya tentunya. Digital Marketing nyatanya tidak semudah yang dibayangkan untuk menerapkannya, Berikut ini beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum memulai untuk menerapkan Digital Marketing.

1. Ketahui SDM (Sumber Daya Manusia) yang anda Miliki

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek SDM yang anda miliki, apakah mereka mampu menjalankan Digital Marketing? karena jika SDM yang anda miliki tidak mampu, mungkin anda perlu merekrut orang-orang yang kompeten dalam bidang Digital Marketing.

Opsi lainnya, mungkin anda bisa menggunakan jasa Digital Marketing pada ahlinya. Namun anda harus cermat dalam memilih jasa Digital Marketing. Anda tanya portofolio mereka, sudah berapa banyak bisnis yang berhasil mereka bantu. Jadi, ukurannya bukan hanya biayanya yang murah yah, tapi anda harus pastikan jasa yang anda pilih bener-bener kompeten.

2. Cek Penjualan Sebelumnya

Setelah anda mengetahui kemampuan SDM yang anda miliki ataupun memilih jasa Digital Marketing, langkah selanjutnya adalah mengecek penjualan dan pemasaran yang sebelumnya sudah berjalan. Anda bisa menganalisa dari proses bisnis yang sebelumnya sudah berjalan. Bagaimana proses pemasaran yang selaman ini sudah berjalan, berapa persen tingkat keberhasilannya, siapa saja yang membeli produk anda, berapa sales bisnis anda perhari dan perbulannya.

Jadi, anda harus mengetahui dan memahami bagaimana konsumen anda, bagaimana selama ini mereka membeli produk anda. Langkah kedua ini dilakukan untuk mengukur bisnis anda yang selama ini sudah berjalan, sehingga anda bisa menyimpulan langkah berikutnya. Jika anda akan menjalankan Digital Marketing, anda sudah tahu siapa konsumen anda, dimana segmen pasar produk anda, dan bagaimana memaksimalkannya.

3. Tentukan Segmentasi Pasar

Langkah selanjutnya adalah menentukan segmentasi pasar. Anda harus menentukan segmentasi pasar bisnis anda terlebih dahulu untuk menjalankan Digital Marketing. Sehingga akhirnya anda tahu, lewat media apa anda bisa mendapatkan calon konsumen yang baru.

4. Gunakan Media Pemasaran Digital yang Tepat

Selanjutnya, gunakanlah media pemasaran digital yang tepat sesuai dengan segmentasi pasar bisnis anda. Maka dari itu, anda ketahui dulu segmentasi pasarnya. Jika anda memilih platform yang tepat untuk media promosi anda, maka besar kemungkinan anda akan berhasil meningkatkan penjualan. Apakah anda akan memaksimalkan promosi produk anda di Instagram, Facebook, website atau media lainnya ? Anda akan mengetahuinya setelah anda menganalisa bisnis anda dengan benar.

Kesimpulan

Digital Marketing adalah langkah bagus untuk meningkatkan penjualan bisnis. Hal itu bisa disimpulkan dari tingkah laku manusia dimasa kini yang tidak lepas dari dunia internet. Namun untuk menjalankan Digital Marketing, tentunya tidaklah mudah. Anda harus mampu mengukur bisnis anda, mengetahui siapa konsumen anda, dimana segemennya. Tentukan perencanaan terlebih dahulu, sebagai strategi promosinya, agar pemasarannya maksimal dan mendapatkan banyak konsumen. Jasaseojoss merupakan agensi digital marketing yang siap membantu meningkatkan SEO dan SEM website anda.

 

Sumber : https://jasaseojoss.com/post/apa-itu-digital-marketing

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp