APAKAH SALAH INGIN MENJADI ORANG KAYA ?

APAKAH SALAH INGIN MENJADI ORANG KAYA ?

  menulis   Ahmad Syarifudin Mahzumi   31 Mei 2021

Aku ingin menjadi orang yang kaya. Itulah salah satu keinginanku di dunia. jadi orang miskin, mau bayar sekolah aja susah, ingin sedekah saja susah, ingin ini dan itu serba susah. Pernahkah warganet semua berpikiran seperti itu ? Ayo kita sedikit sharing di blognya Ahmad Syarifudin. Tidak tahu kenapa, sepertinya menarik saja menulis tentang "Apa Salah Jika Ingin Menjadi Orang Kaya ?". Mungkin karena admin juga masih susah kali yah. Eh engga deh yah, aku bukan orang susah. Mungkin merasa susah karena terlalu banyak keinginan yang akhirnya kurang bersyukur. Innalillahi Wa Innailaihi Roojiuun. Semoga dengan tulisanku yang ini, yang sedang galau, bingung, pusing karena merasa kekurangan dalam ekonomi menjadi terobati dan lebih tenang hatinya.

Normal dan manusiawi jika kita pernah punya pikiran seperti itu. Namun TIDAK NORMAL jika terus-menerus punya pikiran seperti itu. Karena masalah itu sebenarnya muncul dari pikiranmu sendiri yang menganggap itu masalah. Berdasarkan renungan mimin. Terikatnya hati pada dunia malah akan membuat hati rusak. Dunia itu cukup ditangan, bukan dihati. Ternyata mimin bijak juga yah wkwkwk... astagfirullah, hati-hati RIYA loh !

Mungkin kalimat ini yang akan mengobati kegalauan dalam diri manusia. Aku teringat dari kata-kata para guru, "Jika kita sebagai hamba selalu ingat Allah SWT dalam situasi apapun, sesulit apapun keadaanmu maka akan mengobati hati dan pikiranmu menjadi lebih tenang. Yakini bahwa semuanya dari Allah, atas kehendak Allah SWT, dan selalu berhusnudzon kepada Allah SWT."

Tidaklah salah jiga ingin kaya harta, selama cara untuk meraihnya benar dan tujuannya mulia. Tentu sangatlah mulia apabila kau ingin kaya dengan bertujuan ingin membantu orang miskin, ingin membangun pesantren, ingin menggunakan hartamu untuk beribadah mencari ridho Allah.

Hai warganet sekalian, apakah kalian bercita-cita menjadi orang kaya ? pernahkah salah satu dari kalian bertanya-tanya pada diri sendiri, salahkan ingin menjadi orang kaya ? Setelah kalian yakin ingin menjadi orang kaya, pernahkan merenungi apa tujuanmu menjadi orang kaya ? apa motivasi kalian ingin menjadi orang kaya ? Apakah tujuanmu menjadi kaya untuk mencari ridha Allah atau hanya nafsumu semata ? Yang lebih parah, hati-hati mengatasnamakan untuk mencari ridha Allah namun ternyata hanya nafsu semata, naudzubillah. Bisikan SYAITAN itu sangalah halus.

Aku menulis judul ini, hanya ingin mengekpresikan pandangan diri saja sesuai dengan pengalaman. Menurutku, ingin menjadi orang kaya itu tidaklah salah apabila didasari dengan tujuan yang benar dan kita sudah dipondasi dengan dasar-dasar pengetahuan agama dan umum yang kuat. Ternyata memang benar, harta/duniawi malah akan membuat diri celaka apabila kita fakir ilmu. HARTA bisa diibaratkan sebagai PISAU, dimana akan sangat bermanfaat apabila digunakan dengan benar dan bisa membuatmu luka apabila disalah gunakan.

Mari kita sama-sama pahami dari firman Allah SWT berikut ini :

اِعْلَمُوْۤا اَنَّمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَّلَهْوٌ وَّزِيْنَةٌ وَّتَفَاخُرٌۢ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِى الْاَمْوَالِ وَالْاَوْلَادِ ۗ كَمَثَلِ غَيْثٍ اَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهٗ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرٰٮهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُوْنُ حُطٰمًا ۗ وَفِى الْاٰخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيْدٌ ۙ وَّمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانٌ ۗ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَاۤ اِلَّا مَتَاعُ الْغُرُوْرِ

Artinya :
“Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani, kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta Keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.” (QS. Al-Hadid 57: 20)

Sesungguhnya dunia hanyalah permainan. Sesungguhnya dunia hanyalah permainan. Sesungguhnya dunia hanyalah permainan. Sesungguhnya dunia hanyalah permainan. apakah sudah jelas ? Orang tidak dilarang menjadi orang kaya, namun yang tidak diperkenankan adalah bagaimana orang yang dikuasai hatinya oleh dunya.

Aku ingin menjadi orang kaya, namun takut disebut manusia yang hubbu dunya. apa itu hubbu dunya ? apakah orang yang hubbu dunya itu selalu dikategorikan pada orang yang kaya ? nah disini kita harus sama-sama merenung untuk memahami betul apa itu hubbu dunya. ternyata menurut para guru, orang yang hubbu dunya tidak harus orang kaya.Orang melarat / miskin juga bisa masuk hubbu dunya karena keterikatannya dengan dunia. Contohnya untuk mencari uang 50 ribu aja harus ninggalin shalat, ninggalin puasa wajib. Tapi sebaliknya meskipun dia orang kaya, penghasilannya ratusan juta namun tanpa meninggalkan shalat, tidak meninggalkan perintah-perintah Allah dan usaha tidak dengan cara yang haram maka tidak dikategorikan hubbu dunya. Maka dari itu, ayo kita sama-sama luruskan niat dan benahi bagaimana kita hidup.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Kumpulan Kata-Kata Bijak Motivasi yang Kamu Cari
Kumpulan Kata-Kata Bijak Motivasi yang Kamu Cari

Berikut ini kumpulan kata-kata bijak motivasi yang kamu cari. Apabila kamu belum bisa memotivasi orang lain, setidaknya kamu bisa memotivasi...

Selengkapnya
Cara Bahagia dengan Sederhana Setiap Hari
Cara Bahagia dengan Sederhana Setiap Hari

definisi bahagia versi Ahmad Syarifudin adalah Ketenangan. Karena ketika kita sudah mendapatkan ketenangan dalam kondisi apapun, maka penyakin pusing, ruweut,...

Selengkapnya
Apa Visimu dan Apa Motivasimu?
Apa Visimu dan Apa Motivasimu?

Hidup tanpa motivasi dan visi itu bagaikan perahu tanpa nahkoda, terus berjalan tapi tanpa arah dan tujuan. Nyambung ga sih...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285778118560
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
How can I help you?