Cara Cepat Website Terindeks Google - Belajar SEO

Cara Cepat Website Terindeks Google - Belajar SEO

  Belajar SEO   Ahmad Syarifudin Mahzumi   03 Agust 2021

Daftar isi

  • Berikut ini langkah-langkah agar website anda cepat terindeks Google :
  • Belajar SEO Praktis Untuk Pemula, Apa Itu SEO, Apa Manfaat SEO, SEO On Page dan SEO Off Page
  • Bagaimana Cara Pengindeksan Google ?
  • 1. Pastikan lagi website anda bisa diakses
  • 2. Tambahkan website anda ke Google Search Console
  • 3. Buat Sitemap XML dan tambahkan ke Google Search Console
  • 4. Buatlah file robots.txt dan upload ke hosting website anda
  •  5. Update konten berkualitas secara konsisten
  • 6. Buatlah strategi internal link
  • 7. Dapatkan Backlink berkualitas
  • Kesimpulan

Persaingan situs website untuk berada di ranking teratas Google semakin sulit. Namun sebelum memikirkan kearah persaingan posisi teratas hasil pencarian Google, anda harus pelajari terlebih dahulu bagaimana caranya Google mudah menemukan website anda. Apakah website anda sudah terindeks Google ? Inilah seninya SEO (Search Engine Optimization), semuanya membutuhkan proses dan kerja keras. Bagi kita yang baru mulai belajar SEO, ketika website sudah terindeks Google itu rasanya bahagia banget. Ada kepuasan tersendiri dan akan terus merasa tertantang untuk mendapatkan ranking Google yang lebih baik bahkan page 1 Google.

Berikut ini langkah-langkah agar website anda cepat terindeks Google :

  1. Pastikan lagi website anda bisa diakses
  2. Tambahkan website anda ke Google Search Console
  3. Buat Sitemap XML dan tambahkan ke Google Search Console
  4. Buatlah file robots.txt dan upload ke hosting website anda
  5. Update konten berkualitas secara konsisten
  6. Buatlah strategi internal link
  7. Dapatkan Backlink berkualitas

Sebelum anda mencoba semua langkah diatas, sebaiknya anda memahami dulu dasar-dasar SEO yang sudah saya publish di artikel sebelumnya.

Belajar SEO Praktis Untuk Pemula, Apa Itu SEO, Apa Manfaat SEO, SEO On Page dan SEO Off Page

Dan anda harus mempelajari bagaimana Google telusur melakukan pengindeksan.

Bagaimana Cara Pengindeksan Google ?

Halaman anda diindeks oleh Google jika telah dikunjungi oleh crawler Google yaitu Googlebot. Kemudian oleh Googlebot akan dianalisis isi konten website anda dan disimpan di indeks Google. Halaman website anda akan ditampilkan di mesin telusur Google apabila halaman anda mengikuti pedoman dari webmaster Google. Algoritma Google terus berkembang, jadi sebagai seorang SEO harus terus mengikuti perkembangannya Algoritma Google. Ikuti semua panduan dan dokumentasi dari Google disini.

Berikut ini contoh website yang sudah terindeks oleh Google.

Nah penasaran kan, bagaimana sih cara agar website terindeks oleh google ? Berikut ini cara agar website anda terindeks oleh Google :

1. Pastikan lagi website anda bisa diakses

Percuma saja konten website anda berkualitas, kalau website anda tidak bisa diakses. Jadi pastikan lagi bisa diakses, dan jika speed load nya lebih cepat maka lebih mendukung untuk cepat terindeks Google.

2. Tambahkan website anda ke Google Search Console

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menambahkan website anda ke Google Search Console. Apa Google Search Console ? Menurut Wikipedia, Google Search Console merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Tools ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

3. Buat Sitemap XML dan tambahkan ke Google Search Console

Langkah ketiga adalah membuat sitemap dengan format XML dan ditambahkan ke Google Search Console. Apa itu sitemap dan apa fungsinya ? Sitemap adalah file yang berisi semua daftar halaman dari sebuat situs website untuk memudahkan google dalam memahi isi wesbite anda. Dan sebaiknya dibuat dengan fotmat XML untuk membantu crawler Google menemukan semua halaman di satu tempat. Dan Sitemap dapat membantu mesin telusur Google untuk menemukan halaman yang baru. Jika anda bingung bagaimana cara membuat sitemap xml, maka anda bisa membuat sitemap dengan sitemap generator online. Pada artikel selanjutnya penulis akan membuat panduan membuat sitemap yang baik dan benar dan memahinya secara mendetail.

4. Buatlah file robots.txt dan upload ke hosting website anda

Langkah ke empat adalah membuat file robots.txt. Dikutip dari Google, File robots.txt fungsinya untuk memberi tahu crawler mesin telusur, URL mana yang dapat diakses di situs anda. File ini digunakan agar situs website anda terhindar dari beban permintaan yang terlampau banyak; file robots.txt bukanlah mekanisme untuk menyembunyikan halaman web dari Google. Untuk menyembunyikan halaman web dari Google, sebaiknya Anda memblokir pengindeksan dengan noindex atau lindungi halaman Anda dengan sandi. Adapun fungsi lainnya dari file robots.txt yaitu untuk mengelola traffic crawler ke situs website anda.

 5. Update konten berkualitas secara konsisten

Apabila website anda saat ini belum terindeks Google, maka teruslah update konten website anda dengan konten-konten berkualitas secara rutin dan konsisten. Misalnya anda menerbitkan konten baru setiap seminggu 2 artikel. Karena, kalau anda terus update konten-konten berkualitas secara konsisten, Google sering melakukan crawling pada website anda.

Oleh karena itu, salah satu strategi SEO maka anda disarankan untuk memiliki halaman Blog pada website anda. Isilah blog anda dengan artikel-artikel berkualitas sesuai dengan tema website anda. Apabila website anda menawarkan jasa SEO, maka buatlah artikel sesuai dengan niche-nya yaitu tips-tips SEO.

6. Buatlah strategi internal link

Internal link adalah link yang mengarah dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website. Kenapa internal link berguna untuk meningkatkan SEO ? Karena Internal Link dapat membantu Google memahami hubungan setiap halaman dari website anda.

Namun internal link ini ada aturan-aturannya. Maka dari itu pelajari lebih mendetail tentang internal link. Karena jika anda membuat internal link yang tidak berkaitan, maka bisa dianggap spam oleh Google. Dan itu bisa berdampak buruk untuk website anda.

7. Dapatkan Backlink berkualitas

Backlink adalah sebuah link yang terdapat pada website lain yang mengarah pada website anda. Jika artikel anda bermanfaat, maka besar kemungkinan website anda mendapatkan banyak pengunjung dan banyak yang mengutip pembahasan artikel anda pada website mereka. Buatlah link bait yaitu konten yang dapat mengundang perhatian banyak orang sehingga berpotensi mendapatkan banyak backlink. 

Backlink merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam pengindeksan mesin telusur Google. Jika website anda banyak mendapatkan backlink dari situs website yang berkualitas, maka semakin mudah Google menemukan website anda.

Kesimpulan

Penulis menyimpulkan, bahwa untuk menjadi seorang SEO itu tidaklah mudah. Banyak yang harus dipelajari dan praktek. Dan tentu saja Membutuhkan ketekunan, keteltian dalam analisis. Mungkin sedikit pengetahuan yang bisa penulis bagikan pada artikel ini. Tapi meskipun sedikit, semoga bermanfaat untuk kita semua. Karena ilmu itu akan terus bertambah apabila diamalkan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam artikel ini, karena penulis juga masih dalam tahap belajar.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

3 Rekomendasi Jasa SEO Terbaik di Bandung
3 Rekomendasi Jasa SEO Terbaik di Bandung

Optimasi SEO adalah salah satu strategi penting untuk meningkatkan penjualan online. i datang melalui website. Karena website kami sudah muncul...

Selengkapnya
Plugin Untuk Optimasi SEO di Wordpress #tipsseo
Plugin Untuk Optimasi SEO di Wordpress #tipsseo

Plugin apa yang harus saya install untuk optimasi seo website wordpress ? Pada Wordpress, sudah ada banyak plugin untuk membantu optimasi...

Selengkapnya
Jasa Seo Murah Bandung
Jasa Seo Murah Bandung

Saya mencari jasa seo murah di Bandung. Nama perusahaannya apa ya ? Kalian tanya saja ke Jasaseojoss. SEO atau Search Engine...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp